Lompat ke isi utama

Berita

Presiden Jokowi : Pancasila Telah Menjadi Bintang Penuntun Indonesia Menghadapi Tantangan dan Ujian

Presiden Jokowi : Pancasila Telah Menjadi Bintang Penuntun Indonesia Menghadapi Tantangan dan Ujian

LEBONG - Bawaslu Kabupaten Lebong. Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Hal ini disampaikan dalam amanatnya pada saat pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 yang dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Untuk itu, masyarakat Indonesia harus mengamalkan dan mengimplementasikan Pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan, dan tata kelola pemerintahan" tutur Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengenakan Ragi Lambu Luka Lesu dengan kain motif perpaduan warna merah dan hitam yang merupakan pakaian adat Ende.

Dalam  upacara ini, yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Inf. Tunjung Setyabudi. Upacara itu juga diikuti oleh TNI-Polri hingga para pelajar.

 

Kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan secara Hybride (luring dan daring) ini diikuti oleh seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Peserta upacara hadir secara luring dan daring yaitu Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Frederick, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, para Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kepala BPIP Yudian Wahyudi, dan Bupati Ende Djafar Achmad.

Ketua, Anggota, Koordinator Sekretariat dan seluruh Staf Bawaslu Kabupaten Lebong mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara daring melalui kanal Youtube BPIP di ruang Media Center Bawaslu Kabupaten Lebong yang dimulai pada pukul 07.00 WIB (08.00 WITA), Rabu (1/06/2022).

Penulis: Andi Tri Atmaja

Editor: Sabdi Destian

Fotografer: Alfian Saputra

Tag
Berita