Lompat ke isi utama

Berita

Perbaiki Bacaan Ngaji, Sabdi Ulas Mad Far’i dan Qolqolah

Perbaiki Bacaan Ngaji, Sabdi Ulas Mad Far’i dan Qolqolah

Lebong-Bawaslu Kabupaten Lebong. Dalam kegiatan “Ngaji Bareng Bang Bawas dan Mbak Lula” di bulan suci Ramadhan 1443 H minggu ke-tiga pada Selasa (19/4/2022), Sabdi mengulas tentang Mad Far’i dan Qolqolah untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an secara perlahan dengan tajwid dan makhraj yang benar dan jelas untuk menghindari timbulnya perbedaan penafsiran dari bacaan Al-Qur’an.

“Pada prinsipnya makhorijul huruf memang menjadi dasar yang penting untuk memulai membaca Al-Qur’an seperti yang telah disampaikan dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya. Selain makhraj, bacaan panjang (mad) dan pendek serta tajwid juga menjadi hal yang sangat penting. Mengapa demikian, hal-hal dasar tersebut merupakan ilmu utama untuk mengetahui dan memahami secara benar ketika melafalkan pesan-pesan cinta dari Allah yang terkandung di dalam ayat suci Al-Qur’an. Sehingga tidak menimbulkan perbedaan penafsiran dari setiap ayat yang dibacakan. Maka memang penting keseluruhannya harus dimulai dan dipelajari dari nol secara utuh dan menyeluruh” tegas Sabdi.

Tidak hanya mengulas kembali mengenai makhorijul dan Mad Thobi’i, Sabdi juga mengulas materi lainnya tentang Mad Far’i dan jenis-jenisnya, Hukum Mim dan Nun yang bertasydid (wajibul ghunnah), Huruf Qalqalah, dan Huruf Izhar.

Terakhir saat kegiatan ngaji berakhir, Koordiv. HP3S di Bawaslu Kabupaten Lebong tersebut berharap semoga kegiatan ini memberikan dampak yang baik dan diharapkan agar jema’ah ngaji untuk terus belajar dan lebih sering mengaji guna memperbaiki tartil Al-Qur’an yang benar serta memperbanyak pahala terutama di bulan suci Ramadhan ini. (Jifan)

Tag
Berita