Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Lebong Pastikan Hak Pilih Warganya pada Pemilukada 2024

#

Lebongkab.bawaslu.go.id – Dalam Rangka Memastikan serta Merawat Hak Pilih Warga Negara pada Pemilukada serentak Tahun 2024 di Kabupaten Lebong, Bawaslu Kabupaten Lebong gelar Penguatan Kapasitas Panwaslu Kecamatan dalam Tahapan Pemuktahiran dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Serentak Tahun 2024. Bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengawasan dalam tahapan pemutakhiran data pemilih, yang merupakan langkah krusial dalam penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil. Rabu, 18 September 2024, Hotel Asri Lebong.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Bapak Renaldo Saputro, S.Sos., selaku PLH Ketua dan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kabupaten Lebong.

#

Renaldo dalam sambutannya menekankan pentingnya pengawasan dalam proses pemutakhiran data pemilih. "Pemutakhiran data pemilih harus dilakukan secara profesional dan akuntabel. Tujuannya adalah untuk menghadirkan daftar pemilih yang akurat dan termutakhirkan. Kita perlu memastikan bahwa proses pemutakhiran data pemilih berjalan dengan baik, karena proses ini akan mempengaruhi tahapan selanjutnya. Bawaslu Kabupaten Lebong berkomitmen untuk terus mengawal dan mengawasi setiap tahapan ini demi memastikan hak politik masyarakat terpenuhi dengan baik," ujarnya.

Selain itu,  Naldo juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pengawas pemilu di tingkat kecamatan. "Pengawasan yang efektif dimulai dari pemahaman yang mendalam tentang proses pemutakhiran data pemilih. Setiap pengawas pemilu harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi masalah yang muncul dalam tahapan ini. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa hak pilih setiap warga negara terlindungi dan dihormati," tambah Anggota Bawaslu Kab. Lebong yang akrab di Sapa Naldo tersebut.

#

Dalam Penguatan Kapasitas ini, para peserta mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang proses pemutakhiran data pemilih, termasuk pentingnya keakuratan data, serta bagaimana yang di Jelaskan oleh Narasumber dari KPU Kabupaten Lebong Bapak Rio Aria Nugraha. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi intensif mengenai tantangan dan solusi dalam proses pemutakhiran data pemilih menjadi fokus utama, di mana para peserta diajak untuk aktif berpartisipasi dan berbagi pengalaman.

#

Kemudian Materi dari Dinas Dukcapil Kabupaten Lebong Bapak Budi Setiawan yeng menjelaskan Teknis dalam pemutakhiran data dan Pencatatan Data Kependudukan. Pada sesi ini Para peserta diberikan pemahaman adanya potensi data salah, ganda, data yang tidak valid, serta cara melakukan verifikasi lapangan dengan tepat. Selain itu, pentingnya koordinasi antara pengawas pemilu dan petugas Pemerintahan tingkat bawah (Desa).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Panwaslu Kecamatan Koordinastor Divisi HPPH (Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas) serta stafnya se-Kabupaten Lebong, Media, dan Pangamanan Melekat Bawaslu Kabupaten Lebong dari Polres Lebong.

  • Penulis: Angger S
  • Editor: Renaldo S