Lompat ke isi utama

Berita

Pentingnya Peran Puslitbangdiklat dalam Demokrasi

Pentingnya Peran Puslitbangdiklat dalam Demokrasi

LEBONG - Bawaslu Kabupaten Lebong. Dalam upaya meningkatkan kualitas Demokrasi Indonesia, Pusat Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat)  menjadi bagian yang sangat penting dalam pengembangan kapasitas sumber daya manusia Pengawas Pemilu, melalui Model Kompetensi dan Skema Pelatihan Pengawas Pemilu.

Jefriyanto, SP selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong sekaligus Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Data dan Informasi, mengikuti Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Model Kompetensi dan Skema Pelatihan Pengawas Pemilu secara daring, Kamis (17/3/2022).

Anggota Bawaslu RI Mochamad Afifudin “Kedepan Puslitbangdiklat akan menjadi bagian penting yang bagaimana bisa meningkatkan kapasitas jajaran. Forum ini juga penting untuk mendiskusikan model kompetensi pengawas pemilu yang akan dirumuskan. Juga disarankan agar dibuat forum antardivisi supaya model kompetensi dan skema pelatihan tersusun secara komprehensif dan baik”, tutur Afif saat memberikan kata sambutan.

Selanjutnya Pelaksana tugas Kapuslitbangdiklat Bawaslu Ferdinand Eskol Tiar Sirait menyampaikan fokus dalam forum kali ini akan meminta saran dan masukan dari berbagai pihak mengenai penggalian model kompetensi pengawas pemilu, pemetaan isu pengembangan kapasitas SDM serta mereview skema pelatihan tingkat dasar pengawas pemilu.

“Kami mengharapkan mendapatkan masukan dari akademisi, penggiat ekspert, Bawaslu daerah mengenai model kompetensi dan skema pelatihan pengawas pemilu yang akan digunakan sebagai masukan pelaksanaan pelatihan pengawas pemilu untuk Pemilu 2024,” ungkapnya.

Acara ini dihadiri secara langsung oleh Perwakilan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota di Hotel Mercure Cikini Jakarta serta diselenggarakan secara daring mulai tanggal 17 s.d 19 Maret 2022. OT

Tag
Berita
Edukasi Pemilu