Lompat ke isi utama

Berita

Maksimalkan Pengawasan, Koorsek Tekankan Harus Tertib Administrasi

Maksimalkan Pengawasan, Koorsek Tekankan Harus Tertib Administrasi

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Tertib Administrasi salah satu upaya memaksimalkan pengawasan Pemilu serentak Tahun 2024 agar tercatat dengan baik. Tahap awal Pemilu 2024 adalah Pendaftaran dan Verifikasi Administrasi Partai Politik di tingkat pusat, sementara Bawaslu Kab/Kota termasuk Bawaslu Kabupaten Lebong saat ini melakukan pengawasan help desk di KPU Kabupaten Lebong terkait tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024, serta pengawasan tidak langsung terhadap Sipol (Sistem Informasi Partai Politik), maka dari itu setiap pengawas harus taat dan tertib administrasi dalam melakukan pengawasan tersebut. Hal itu disampaikan oleh Koordinator Sekretariat, M. Rafki, S.H., saat menjadi Pembina apel penghormatan bendera yang rutin dilaksanakan di halaman sekretariat Bawaslu Kabupaten Lebong, Senin (8/8/2022).

Rafki meminta seluruh staf teknis Bawaslu Kabupaten Lebong agar patuh, taat dan tertib administrasi dalam melakukan pekerjaan, “Saat ini sudah masuk tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Adminstrasi Partai Politik di tingkat pusat, oleh sebab itu Bawaslu Kabupaten/Kota, termasuk Bawaslu Kabupaten Lebong melakukan pengawasan help desk tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik di KPU Kabupaten Lebong, maka dari itu saya ingatkan staf teknis harus tertib administrasi, mulai dari pengadministrasian surat-surat imbauan, formulir Model A Hasil Pengawasan, alat kerja pengawasan, surat tugas, dan lain sebagainya harus ada dan terarsip dengan baik,” pintanya.

“Selain itu, administrasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan dan kerja tambahan yang dibebankan kepada beberapa staf teknis, juga harus diselesaikan dengan baik dan harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan sebagaimana mestinya,” tambah Rafki.

Dalam kesempatan itu juga Rafki mengungkapkan kegunaan tertib administrasi, “Kalau kita dari awal sudah tertib administrasi, kedepan dan seterusnya kita terbiasa tertib administrasi, sehingga nanti memudahkan kita dalam mendeteksi dugaan pelanggaran dan dalam menyusun laporan,” kata dia.

Terakhir Rafki juga mengingatkan jajarannya untuk tetap menjaga kesehatan dan terus meningkatkan kapasitas masing-masing dengan banyak membaca regulasi dan juknis pengawasan tahapan.

Informasi tambahan, kegiatan apel penghormatan bendera rutin setiap hari Senin ini diikuti oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Melky Agustian, S.H., dan Sabdi Destian, S.Sos. serta seluruh staf Bawaslu Kabupaten Lebong.

Penulis: Angger Saputra

Editor: Sabdi Destian

Dokumentasi: Ario Tantomo

Tag
Berita