Lompat ke isi utama

Berita

Era Digitalisasi, Bawaslu Lebong Tingkatkan Kapasitas Kehumasan

Lebong, Bawaslu Kabupaten Lebong - Dalam upaya meningkatkan kualitas kehumasan di era digital, Bawaslu Kabupaten Lebong menghadirkan Pimpinan Redaksi (Pimred) SKH Radar Lebong, Debi Antoni, untuk memberikan pemahaman mengenai teknis penulisan dan cara mengemas suatu berita agar dapat disajikan sebagai suatu informasi yang menarik dan memberikan pesan yang tersampaikan dengan tepat kepada publik pada kamis (25/11) di ruang Media Center Bawaslu.

Pada kesempatan tersebut, Pimred Radar Lebong menyampaikan dalam penulisan berita seorang jurnalis/penulis harus memiliki ide sebagai kunci untuk memulai dan harus banyak membaca untuk memperkaya kosa kata yang baik dan benar. “Ide dan literasi merupakan kunci dan vitamin bagi seorang jurnalis” ungkapnya. Selain itu pengemasan konsep penulisan berita yang paling utama adalah menentukan minat pembaca terutama pentingnya Angle (sudut penulisan - red), selain itu juga harus memenuhi unsur 5W+1H (What, Who, When, Where, Why dan How) sehingga berita tersebut menimbulkan ketertarikan dari pembaca untuk dapat diminati sebagai suatu informasi yang menarik serta memberikan pesan edukasi sebagai suatu lembaga resmi.

Ketua Bawaslu Lebong, Jefriyanto, SP., dalam sambutannya membuka pelatihan jurnalistik ini menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Kehumasan sehingga dapat menyajikan informasi-informasi yang baik dan mudah dimengerti oleh masyarakat luas  dalam memaksimalkan tugas pokok dan fungsi humas melalui website dan media sosial milik Bawaslu Lebong.

Selanjutnya Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lebong, Sabdi Destian, S.Sos., menegaskan kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kompetensi seeorang pengawas dalam menuliskan hasil pengawasannya pada Formulir Model A. Pengisian formulir ini tidak jauh berbeda dengan sistematika penulisan berita yang menggunakan rumus 5W+1H, sambungnya.

Terakhir ditambahkan oleh Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal, Melky Agustian, S.H., dengan adanya pelatihan ini staf Kehumasan dapat meningkatkan kinerjanya dalam menyajikan infomasi dan menghasilkan narasi yang baik agar pesan yang disampaikan mampu mendapat respon yang positif dari  masyarakat. (ker)

published by Humas Bawaslu Lebong.

Tag
Berita
Edukasi Pemilu
Pengawasan
Uncategorized