Lompat ke isi utama

Berita

Bentuk Karakter Kepemimpinan Pelajar, Jefri Bagikan Tips Pemilih Cerdas dan Inovatif

Bentuk Karakter Kepemimpinan Pelajar, Jefri Bagikan Tips Pemilih Cerdas dan Inovatif

Bawaslu Go To School  merupakan salah satu program Bawaslu Kabupaten Lebong dalam rangka sosialisasi dan memberikan edukasi kepada pemilih pemula atau pemilih milenial untuk aktif dalam mengawasi proses Pemilu dan Pemilihan  serentak Tahun 2024 yang salah satu tujuannya adalah membentuk karakter kepemimpinan yang kuat dan kokoh bagi para pemilih pemula yang masih berstatus sebagai pelajar. Dalam roadshownya yang kedua ini Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong, Jefriyanto, S.P., berkesempatan berbagi tips-tips menjadi pemilih cerdas dan memiliki inovasi pada Pemilu serentak 2024 di hadapan generasi penerus bangsa di SMKN 2 Lebong, Senin (8/8/2022).

"Pemimpin bangsa harus memiliki karakter yang kuat dan kokoh untuk membangun suatu bangsa yang besar, disini (sekolah) ditanamkan nilai-nilai saling menghormati, integritas, ketekunan, inovasi, dan kolaborasi. Sebagai generasi penerus bangsa, pelajar merupakan suatu potensi bagi negara sebagai armada dalam kemajuan bangsa. Peran  pelajar sangat penting dalam mengisi pembangunan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Pada tahun 2024 akan diselenggarakan Pemilu  dan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak, di tangan pemuda generasi penerus bangsa masa depan Indonesia yang tercinta ini mari kita bersama-sama awasi proses Pemilu dan Pemilihan mendatang,” tutur jefri.

Masih dalam momen upacara yang digelar secara khidmat, mantan aktivis tersebut membagikan tips-tips menjadi pemilih cerdas dan inovatif, "Generasi muda sebagai bagian penentu keberlangsungan bangsa kedepan harus menjadi pemilih yang cerdas dan inovatif. Indikator pemilih cerdas  yang pertama adalah kita harus memamahi rekam jejak calon legislatif maupun pemimpin yang akan kita pilih. Selain itu juga kita mencari pemimpin/wakil rakyat yang peduli kepada seluruh kalangan bukan sekelompok golongan saja. Serta pemimpin/wakil rakyat yang peduli terhadap nasib bangsa untuk kedepan. Kedua memahami tentang visi misi serta mempelajari program kerja yang ditawarkan. Yang ketiga yaitu menolak segala bentuk Money Politic (politik uang) yang akan menciderai demokrasi serta meneliti informasi yang diterima dengan mencari sumber informasi yang akurat agar tidak termakan berita hoax. Dan yang terakhir dan terpenting juga dengan turut mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024," terangnya.

“Pemilu dan Pemilihan mendatang merupakan milik setiap warga dengan bersama-sama ikut berpartisipasi dalam hal pengawasan. Pelajar tidak boleh apatis atau hanya berdiam diri saja dalam menyongsong Pemilu dan Pemilhan 2024”,  imbuhnya.

Jefri juga mengutip perkataan Bung Karno, “Beri aku sepuluh pemuda maka akan ku guncangkan dunia”, yang menegaskan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa dan negara. Baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris bangsa dan negara,” ucapnya seraya meyakinkan 400an siswa-siswi tersebut.

Terakhir dalam amanatnya jefri mengajak seluruh peserta upacara yang hadir untuk optimis menyongsong Indonesia yang lebih maju, “Mari kita songsong  negeri ini dengan penuh harapan dan optimis untuk menjadi Indonesia yang lebih maju”, pungkas Jefri.

Dalam upaya meningkatkan pengawasan partisipatif Bawaslu Kabupaten Lebong telah melakukan kegiatan Bawaslu Lebong go to school, untuk itu Sahabat Bawaslu sebagai upaya untuk menciptakan pemilih cerdas, Bawaslu Kabupaten Lebong akan mengagendakan kegiatan yang sama di Sekolah-Sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Lebong. Nah Sahabat Bawaslu Kabupaten Lebong khusunya para pemilih milenial (pemilih pemula) untuk menambah pengetahuan dan informasi jangan lupa mampir di media sosial Bawaslu Kabupaten Lebong ya… ada facebook, instagram, twitter, tiktok, youtube dan website Bawaslu Kabupaten Lebong. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis : Oma Tresatrio

Dokumentasi : Dedo Adeffiyo

Editor : Sabdi Destian

Tag
Berita
Pengawasan