Lompat ke isi utama

Berita

Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Bagja : Apel Siaga Ini Menandai Jam Pengawasan Sudah Dimulai

Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Bagja : Apel Siaga Ini Menandai Jam Pengawasan Sudah Dimulai

LEBONG, Bawaslu Kabupaten Lebong - Pasca Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 resmi diundangkan beberapa waktu lalu dan mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, tahapan Pemilu akan dimulai 20 bulan sebelum ditetapkan hari pemungutan suara. Berdasarkan hal tersebut tepat hari ini 14 Juni 2022 lonceng Pengawasan Pemilu dimulai dengan ditandai dengan dilaksanakannya Apel Siaga Pengawasan Serentak Seluruh Indonesia melalui daring via Zoom Meeting yang terpusat pelaksanaannya di Bawaslu RI, Selasa (14/06/2022).

Pengawasan tahapan Pemilu 2024 ini secara simbolis ditandai dengan bunyi sirine yang ditekan oleh Bagja didampingi tiga anggota Bawaslu yakni Lolli Suhenty, Totok Hariyono, Herwyn JH Malonda, dan Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro. Dalam amanatnya, Bagja menyatakan apel siaga ini merupakan tanda dimulainya pengawasan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyampaikan "Apel siaga ini 'aware' menandai bahwa jam kita sudah dimulai, yaitu jam pengawasan sudah dimulai sejak hari ini.

“Para pengawas pemilu sudah harus mengubah jam kerja lantaran jam kerja pengawasan berbeda dengan jam kerja pada umumnya. Oleh sebab itu, kemampuan para pengawas pemilu dalam menangani seluruh perkara, permohonan, pencegahan, pengawasan, penyelidikan maupun pemantauan pengawasan adalah hal yang utama” tegas Bagja.

"Nanti bulan September akan ada pendaftaran partai politik peserta pemilu, bulan November akan ada sengketa kemungkinannya," ucap lelaki kelahiran Medan itu.

Dalam arahannya sebagai Pembina Apel, Bagja menyampaikan pesan kepada para pengawas pemilu di daerah, “Saya meminta jajaran Bawaslu terutama di tingkat kabupaten/kota untuk meningkatkan kapasitas dalam hal penyelidikan, mengawasi proses-proses tahapan pemilu, mengawasi pergerakan orang-orang yang akan melakukan politik uang, politisasi SARA, hoaks dan yang lainnya” pesan Bagja.

"Bulan-bulan ke depan adalah bulan pengawasan di luar tahapan kampanye, entah itu sosialisasi, entah itu pergerakan massa atau apapun itu. Kawan-kawan di daerah juga harus mulai kerja sama dengan lembaga pemantau, media, atau kerja sama dengan KPU, Kepolisian, Kejaksaan dan stakeholder lain," pungkasnya.

Sebagai informasi, apel siaga pengawasan Pemilu 2024 ini dilakukan secara serentak pada pukul 08.00 di seluruh kantor-kantor Bawaslu yang ada di tanah air. Peserta dari Bawaslu Daerah turut serta secara daring (dalam jaringan). Ketua, Anggota, Koordinator Sekretariat serta seluruh Staf Bawaslu Kabupaten Lebong juga mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 melalui zoom meeting  di ruang Media Center Bawaslu Kabupaten Lebong.

Penulis: Andi Tri Atmaja

Editor: Sabdi Destian

Fotografer: Alfian Saputra

Tag
Berita
Pengawasan