Lompat ke isi utama

Berita

Hoaks dan Disinformasi, Bungkam dengan Konten Kepemiluan yang Edukatif

Hoaks dan Disinformasi, Bungkam dengan Konten Kepemiluan yang Edukatif

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong - Seiring dengan makin berkembangnya teknologi yang diikuti dengan penyebaran informasi secara cepat, hoaks dan disinformasi kerap menjamur di media sosial menjelang hingga hari H pemungutan suara saat Pemilu, maka perlu adanya konten yang menarik dari penyelenggara pemilu untuk membungkam hal tersebut. Hal ini disampaikan oleh Sabdi Destian (Anggota) saat memberikan amanah dalam apel penghormatan bendera di halaman Sekretariat Bawaslu Kabupaten Lebong, Senin (18/7/2022).

"Berita benar kadang tidak terviralkan karena kontennya tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Maka kita memang perlu strategi edukasi agar bisa tepat sasaran. Tantangan kita (Bawaslu) adalah menciptakan konten kepemiluan yang edukatif dan kreatif," tegas Sabdi.

Sabdi menambahkan, “Saya berharap pandangan dan masukan kreatif dari seluruh elemen yang ada di Bawaslu ini dapat menghasilkan sesuatu yang konkrit. Ini membutuhkan kreativitas tinggi dimana tidak semua orang sudah sampai di titik itu, walaupun saya yakin kita akan sampai jika tekun dan terus belajar untuk mengaplikasikannya," terang dia.

Dalam apel yang rutin digelar tersebut, Koordiv. HP3S itu pun menyampaikan konten kepemiluan untuk mempersiapkan Pemilu 2024 mendatang sudah banyak ragamnya bisa lewat visual, audio, audiovisual maupun secara interaktif.

Di akhir amanatnya, alumni STIA Bengkulu itu menyampaikan bahwa saat pandemi seperti ini kegiatan sosialisasi dan penyampaian informasi banyak dilakukan di media sosial hingga penting untuk menjaga serta menyeleksi hal yang akan disampaikan sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman bagi masyarakat.

“Pada saat ini interaksi dan sosialisasi lembaga Bawaslu dengan masyarakat banyak dilakukan dalam media sosial, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menyeleksi dengan baik konten yang kita tampilkan, jangan sampai menimbulkan kesalahpahaman di kalangan masyarakat, selain itu lembaga kita identik dengan kepercayaan masyarakat sehingga penting untuk menjaga kepercayaan itu, jangan sampai kepercayaan tersebut pudar akibat kesalahan-kesalahan kecil,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegitan apel yang dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Juli 2022 ini dikuti oleh Ketua, Anggota, Koordinator Sekretariat, serta seluruh staf PNS dan PPNPNS.

Nah Sahabat Bawaslu Kabupaten Lebong, untuk mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) dan disinformasi saat Pemilu, penting sekali untuk kita menangkal dan menyaring berita-berita tersebut dengan mencari tahu kebenaran beritanya dengan mengikuti akun-akun media sosial penyelenggara Pemilu agar mendapat edukasi yang tepat terkait kepemiluan. Akun-akun resmi Bawaslu Kabupaten Lebong yang dapat Sahabat semua ikuti yaitu Facebook, Instagram, Website, Twitter, Tiktok, dan Youtube. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis : Angger Saputra

Editor : Sabdi Destian, S.Sos

Fotografer : Ario Tantomo

Tag
Berita