Lompat ke isi utama

Berita

UPAYA MENJAGA HAK PILIH, BAWASLU PROVINSI BENGKULU SELENGGARAKAN PELATIHAN PENGAWASAN TAHAPAN PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH

Faham

Lebongkab.bawaslu.go.id – Bawaslu Kabupaten Lebong upaya menjaga hak pilih di wilayah kerjanya iktuti Pelatihan Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 se-Provinsi Bengkulu, Kamis s.d Sabtu (1-3/07) di Hotel Santika Bengkulu.

Acara dibuka secara langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Faham Syah yang didampingi oleh Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu dan Kepala Bagian dilingkungan Bawaslu Provinsi Bengkulu. Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu menyampaikan bahwa Tahapan pemutakhiran data pemilih adalah tahapan yang panjang dan krusial karena Salah satu sumber gugatan di MK ialah daftar pemilih, tahapan coklit telah selesai dan sekarang akan menghadapi Pleno DPHP tingkat Desa/Kelurahan.

"Pencoklitan telah selesai dan saya sangat mengapresiasi pengawasan yang dilakukan oleh Pengawas Kecamatan dan PKD dalam memastikan Proses Coklit agar berjalan sesuai dengan ketentuan" ungkap Faham Syah

Kemudian disampaikan mengenai ketidakseimbangan antara Jumlah PKD yang ada dengan jumlah Pantarlih dan dirasa tidak relevan untuk melakukan pengawasan namun dengan kekurangan SDM tersebut bukanlah menjadi penghalang Bawaslu dan jajaran untuk melakukan pengawasan.

"Idealnya 1 Pantarlih di awasi oleh 1 Pengawas dan semoga kedepannya Bawaslu dapat merekrut Pengawas sesuai dengan jumlah Pantarlih" jelas Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Selain itu, disampaikan juga harapan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota beserta jajaran untuk menguatkan kerja-kerja pengawasan karena mengingat penyelenggaraan Pilkada 2024 yang sudah semakin dekat. Lakukan langkah-langkah pencegahan dengan memberikan saran perbaikan, rekomendasi, ataupun himbauan kepada stakeholder terkait. 

Angger

Acara Pelatihan Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih ini bertujuan untuk Membangun Koordinasi antara pihak internal dan eksternal, Memastikan hak pemilih di seluruh wilayah terutama diwilayah khusus, dan Memastikan daftar pemilih menjadi daftar pemilih yang akurat.

Kegiatan ini dihadiri oleh 10 Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 3 Agustus 2024 bertempat di Hotel Santika Bengkulu.

Humas Bawaslu Kab. Lebong