Lompat ke isi utama

Berita

Ujian Tertulis Panwascam Hari Pertama, Eko Sugianto Bakar Semangat Peserta

Ujian Tertulis Panwascam Hari Pertama, Eko Sugianto Bakar Semangat Peserta

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Sesuai dengan jadwal perekrutan Panwaslu Kecamatan yang digelar secara serentak se-Indonesia termasuk juga di Kabupaten Lebong, Jum’at (14/10/2022) merupakan hari pertama ujian tertulis secara online yang dilaksanakan secara terpusat di SMAN 5 Kabupaten Lebong. Pada kesempatan tersebut hadir Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto, S.P., M.Si. untuk melakukan supervisi pelaksanaan ujian sekalian memberikan motivasi kepada seluruh peserta yang hadir. Dalam kesempatan tersebut, Anggota yang akrab disapa Mas Eko itu menyampaikan, “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pemilu Serentak Tahun 2024 di Bawaslu Kabupaten Lebong, karena untuk menjalankan proses tahapan Pemilu 2024 itu Bawaslu Kabupaten/Kota membutuhkan Panitia Pengawas Pemilihan Umum di setiap kecamatan untuk mengawasi tahapan Pemilu serentak Tahun 2024, tanpa ada Panwascam Pemilu tidak bisa berjalan, karena hal ini sudah tertuang dalam Undang-Undang,” ucapnya. Lebih lanjut, kata dia, "Harapan kami kepada Calon Anggota Panwaslu Kecamatan yang telah lulus Administrasi dan hari ini mengikuti ujian tertulis dengan metode CAT menggunakan Socrative ini lulus semua, tetapi yang akan menjadi Anggota Panwaslu Kecamatan itu hanya 3 orang,” tembahnya saat memberikan semangat kepada seluruh peserta ujian tertulis tersebut.

Kemudian beliau menjelaskan, “Ujian tertulis ini peserta harus mengerjakan 100 soal pilihan ganda dengan waktu 90 menit, dalam artian satu soal itu kurang dari satu menit maka harus diselesaikan oleh peserta ujian, untuk itu silakan dikerjakan dengan sebaik mungkin dan jangan terburu-buru,” pesannya. Dalam kesempatan yang sama, turut hadir mendampingi Eko Sugianto yaitu Kabag Administrasi Bawaslu Provinsi Bengkulu, Drs. Masnuni menyampaikan, “Kehadiran kami (Bawaslu Provinsi Bengkulu) dalam rangka supervisi untuk memastikan pelaksanaan ujian tertulis yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya. “Di Provinsi Bengkulu ini ada 9 Kabupaten dan 1 Kota yang melaksanakan ujian tes tertulis Calon Anggota Panwaslu Kecamatan, dimana pelaksanaannya ada 3 Kabupaten dan 1 Kota melaksanakan ujian secara offline dan 6 Kabupaten melaksankan ujian online dengan metode CAT menggunakan Socrative, termasuk Bawaslu Kabupaten Lebong,” kata Masnuni. Lebih jauh Masnuni menyebutkan, “Pelaksanaan ujian ter tertulis secara online ini merupakan bentuk keterbukaan Bawaslu dalam merekrut Calon Anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pemilu serentak Tahun 2024, karena para peserta setelah mengerjakan semua soal dengan waktu yang telah ditentukan dapat melihat langsung nilainya di layar monitor kumputernya masing-masing,” pungkasnya. Pada gelaran tes tertulis hari pertama yang berlangsung dalam 4 sesi, dimana setiap sesi terdiri dari 50 peserta ujian. Pembagian sesi ini berdasarkan kapasitas komputer yang tersedia di Laboratorium SMAN 5 Kabupaten Lebong. Terlihat para peserta begitu antusias mengikuti ujian tertulis motode CAT menggunakan Socrative tersebut. Peserta tes harus mengerjakan 100 soal dalam waktu 90 menit, kemudian para peserta dapat melihat langsung nilainya ketika sudah klik finish ujian.

Pelaksanaan ujian tertulis di hari pertama (14/10), Panitia mencatat ada 15 (lima belas) orang peserta Calon Anggota Panwaslu Kecamatan yang tidak hadir ujian tanpa keterangan, dari 15 orang tersebut ada 11 laki-laki dan 4 orang perempuan yang berasal dari 6 Kecamatan yaitu, 2 orang dari Kecamatan Lebong Sakti, 4 orang dari Kecamatan Lebong Selatan, 5 orang dari Kecamatan Lebong Utara, 2 orang dari Kecamatan Lebong Tengah, 1 orang dari Kecamatan Bingin Kuning, dan 1 orang dari Kecamatan Rimbo Pengadang. Pelaksanaan ujian tertulis yang digelar oleh panitia perekrutan Calon Anggota Panwaslu Kecamatan ini juga diawasi langsung oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong. Sebagai informasi, pelaksanaan ujian tertulis secara online ini masih akan dilanjutkan esok, Sabtu (15/10/2022), yang menyisakan 80 peserta yang terbagi dalam 2 sesi. Sahabat Bawaslu Kabupaten Lebong, perlu ketahui bahwa Masyarakat dapat memberikan tanggapan/masukan terhadap calon anggota Panwascam yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan mengkuti ujian tes tertulis dengan cara mengisi Formulir Tanggapan/Masukan Masyarakat dengan melampirkan bukti-bukti tanggapan, selanjutnya formulir tersebut disampaikan kepada Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Lebong yang beralamat di Jalan Pangeran Zainul Abidin, Kelurahan Amen, Kabupaten Lebong (samping Kantor Camat Amen). silakan unduh Formulir Tanggapan Masyarakat

Ayo Sahabat Bawaslu Kabupaten Lebong sama-sama kita awasi tahapan tersebut untuk menjamin Panwascam terpilih adalah orang-orang yang berintegritas untuk mewujudkan Pemilu yang Luber dan Jurdil. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis/Dokumentasi: Angger Saputra Editor: Sabdi Destian

Tag
Berita