Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Perkuat Hubungan Antar Lembaga

Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Perkuat Hubungan Antar Lembaga

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong - Dalam rangka memaksimalkan upaya memastikan hak pilih dan dipilih Warga Negara Indonesia dalam proses demokrasi Indonesia, Bawaslu Kabupaten Lebong berupaya salah satunya melalui penguatan kerja sama antar lembaga untuk meningkatkan pengawasan partisipatif bagi penyandang disabilitas dengan melakukan Koordinasi ke Dinas Sosial Kabupaten Lebong. Koordinasi tersebut disambut baik oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Kab. Lebong, Puji Warno, S.Pd., di ruang kerjanya, Selasa (28/6/2022). Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong dalam koordinasi tersebut menyampaikan beberapa persiapan terkait pengawasan penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024, salah satunya penguatan pengawasan partisipatif, “Kami berharap bisa bekerja sama dengan Dinas Sosial dalam menyukseskan Pemilu 2024, terutama yaitu terkait sosialisasi pengawasan partisipatif bagi penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Lebong ini”, papar Jefri. “Dalam waktu dekat ini kami (Bawaslu Kabupaten Lebong) akan mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi penyandang disabilitas di Lebong, maka tentu data dari Dinas Sosial terkait penyandang disabilitas sangat kami butuhkan untuk memaksimalkan kegiatan tersebut” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Kepala Dinas Sosial Kab. Lebong, Puji Warno, S.Pd. menyambut baik dan siap mendukung kegiatan tersebut. Kemudian beliau juga menyampaikan data-data penyandang disabilitas yang ada di wilayah Kabupaten Lebong, “Data disabilitas yang tercatat itu ada sekitar 300 orang lebih, namun data valid yang sudah kami verifikasi ada sekitar 280 orang, sisanya ada yang pindah domisili dan lain sebagainya, serta ada juga yang sudah meninggal," ucap Puji kepada Bawaslu Kab. Lebong. “Terkait dengan wacana Bawaslu Kabupaten Lebong akan mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi penyandang disabilitas kami siap mendukung dan memberikan data yang dibutuhkan, karena hal ini juga sangat mendukung program pemerintah untuk pemberdayaan para penyandang disabilitas terutama pelibatan dalam penegakan demokrasi di Indonesia” tegas Puji.

Dengan meningkatnya pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024 mendatang diharapkan mampu menekan potensi pelanggaran pemilu yang akan terjadi, untuk itu mari Sahabat Bawaslu kita awasi bersama Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 agar Pemilu berjalan secara Luber, Jurdil dan Demokratis. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

Penulis: Angger Saputra Editor: Sabdi Destian Dokumentasi: Angger Saputra

Tag
Berita
Pengawasan