Lompat ke isi utama

Berita

Supervisi dan Monitoring Pembentukkan PTPS

4 Januari 2024

Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Renaldo Saputro sedang melakukan Supervisi dan Monitoring di Panwaslu Kecamatan Uram Jaya

Panwaslu Kecamatan Amen

Bawaslu Kabupaten Lebong – Hari ketiga Penerimaan berkas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Renaldo Saputro dan rombongan melakukan supervisi dan monitoring ke Panwaslu Kecamatan Uram Jaya dan Panwaslu Kecamatan Amen. Kamis (4/1/2024)

Kegiatan supervisi dan monitoring dilakukan untuk memastikan jajaran di Panwaslu Kecamatan bekerja dengan baik “Supervisi dan monitoring ini sengaja saya lakukan untuk memastikan bahwa sahabat-sahabat di tingkat Panwaslu Kecamatan mengukti prosesnya sesuai dengan Keputusan Ketua Bawaslu RI No : 504/KP.01/K1/12/2023 tentang petunjuk teknis pembentukan dan penggantian antar waktu pengawas pengawas TPS dalam Pemilu 2024,” papar Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong yang akrab disapa Naldo itu

Naldo juga mengingatkan jajaran Panwaslu Kecamatan Uram Jaya dan Amen bahwa peran PTPS nantinya sangat penting maka dari itu perlu mencari orang yang tebaik dan mempu bekerja dengan baik “peran PTS itu sangat pital maka saya berharap Panwaslu kecamatan tidak hanya sekadar memenuhi kebutuhan jumlah PTPS yang dibutuhkan. Tetapi mencari PTPS yang memiliki pengetahuan, kecermatan, keberanian, dan kemampuan menyampaikan pendapat,”, Harapnya

Oleh sebab itu, “Sahabat-sahabat di tingkat Kecamatan benar-benar cermat meneliti berkas pendaftaran untuk memastikan bahwa PTPS independen, tidak menjadi bagian dari partai politik atau peserta pemilu,” pungkasnya.

“Pendaftar tidak boleh keanggotaan partai politik atau tim sukses atau lainnya yang terkait dengan peserta Pemilu 2024. Hal ini sangat penting karena dalam menjalankan tugasnya pengawas harus independen dan tidak boleh condong ke salah satu peserta pemilu,” lanjutnya.

Untuk memenuhi independensi tersebut, Naldo mengatakan bahwa setiap pendaftar harus dilakukan pengecekan ke dalam aplikasi SIPOL.

Selain itu Naldo menginstruksikan kepada seluruh panwascam untuk melaporkan perkembangan perekrutan PTPS setiap hari, agar kita semua tau sudah berapa jumlah pendaftar di masing-masing wilayah kerjanya.

 

Penulis : Angger Saputra

Foto : Vina Mayasari