Lompat ke isi utama

Berita

Sukseskan Pengawasan, Jefriyanto Tekankan Pentingnya Soliditas Tim Pengawasan

Sukseskan Pengawasan, Jefriyanto Tekankan Pentingnya Soliditas Tim Pengawasan

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Kesiapan menjelang Pengawasan Tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Tahun 2024 yang sudah dimulai pada hari ini, Senin (1/8/2022), salah satu upaya yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Lebong untuk menyukseskan pengawasan tahapan tersebut adalah menyiapkan SDM pengawasan karena dibutuhkan energi yang cukup besar menghadapi pengawasan tahapan ini. Kunci suksesnya dalam melaksanakan tugas ialah soliditas/kekompakan tim. Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong Jefriyanto, S.P. saat rapat internal bulanan Bawaslu Kabupaten Lebong dalam rangka evaluasi kegiatan bulan Juli dan rencana kegiatan bulan Agustus 2022 yang digelar di ruang Media Center Bawaslu Kabupaten Lebong, Senin pagi. "Mulai hari ini, kita (Bawaslu Kabupaten Lebong) akan melakukan tugas pengawasan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024. Walaupun proses pendaftaran parpol dilaksanakan di tingkat pusat, namun saya berharap kita semua dapat menjaga kekompakan dalam tim yang diperlukan konsistensi hal-hal yang baik, sebagaimana telah dibangun selama ini yang merupakan salah satu dari wujud soliditas," kata Jefri. Koordiv. SDMO dan Datin ini menambahkan, “Kedewasaan menghadapi masalah juga menjadi poin penting dalam hal menyikapi suatu persoalan, jangan grasah-grusuh ketika masalah datang tiba-tiba. Sebagai bentuk kehati-hatian dalam melaksanakan tugas pengawasan diperlukan sikap yang tenang. Agar nantinya keputusan yang diambil tidak menimbulkan permasalahan baru di kemudian hari”, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Koordiv. HP3S Sabdi Destian, S.Sos. memotivasi jajarannya untuk tetap semangat menjalankan tugas pengawasan dengan semangat juang 45 seperti halnya pejuang-pejuang terdahulu merebut kemerdekaan Indonesia. “Sebagai Pengawas mari kita tanamkan semangat gotong royong untuk mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 seperti semangat para pejuang kita terdahulu dalam merebut kemerdekaan," kata Sabdi dengan penuh semangat. “Dalam hal pengawasan tahapan yang krusial ini diperlukan pendalaman PKPU 4 Tahun 2022 dan pemetaan potensi pelanggaran dan sengketa proses yang juga sebagai salah satu upaya peningkatan kapasitas SDM pengawasan. Serta nanti akan dimaksimalkan langkah preventif dengan memberikan imbauan kepada KPU Kab. Lebong dan Partai Politik sebagai calon peserta Pemilu Tahun 2024, yang diharapkan mampu meminimalisasi pelanggaran yang akan terjadi," paparnya.

Selaras dengan penyampaian ketua dan anggota yang lain, Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Melky Agustian, S.H. menambahkan, "Dalam tugas pengawasan ini mari kita sama-sama laksanakan sesuai dengan tupoksi sebagai Pengawas Pemilu dengan memperhatikan alat kerja yang sudah ditetapkan oleh Bawaslu RI sebagai standar pengawasan kita," ucap Melky. Kegiatan rapat internal bulanan yang rutin dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Lebong ini diikuti oleh Ketua dan Anggota, Koordinator Sekretariat beserta seluruh Staf, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam melaksanakan tupoksinya masing-masing.

Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses penyelenggaraan Pemilu, khususnya pengawasan partisipatif masyarakat diharapkan kepada Sahabat Bawaslu untuk aktif melakukan pengawasan tahapan pendaftaran, verifikasi hingga penetapan peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD agar pemilu berjalan secara Luber dan Jurdil. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis : Oma Tresatrio Editor : Sabdi Destian Fotografer : Dedo Adeffiyo

Tag
Berita