Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Pemilu 2024, Totok Hariyono: Pencegahan & Pengawasan Tungsura Seperti Mata Elang

20 Januari 2024

Anggoota Bawaslu RI Totok Hariyono sedang memebrikan pengarahan dalam Pembukaan Rakor Pencegahan Terhadap Pelanggaran Dan Perhitungan Suara Pemilu Tahun 2024

Bawaslu Lebong, Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Tahapan Pemilu 2024 hampir menuju pungcaknya yaitu hari Tungsura (Pemungutan dan Penghitungan Suara), tungsura menjadi tahapan yang paling krusial. Maka Bawaslu harus menyiapkan  pencegahan pelanggaran dan pengawasan melekat pada hari Tungsura, untuk mempersiapkan pelaksanaan tersebut, Bawaslu RI adakan Rakornas Pencegahan Tahapan Pelanggaran dan Pengawasan Tungsura Pemilu 2024 di Jakarta, pada jum’at s.d. minggu (19-21/1/24).

Nurdiyansyah selaku PIC kegiatan ini, menyampaikan maksud dan tujuan diselengarakan giat ini, yakni untuk memperoleh masukan kerawanan pelaksanaan tungsura, menentukan peta jalan tungsuran, serta koordinasi aplikasi siwaslu dan pendalaman penggunaannya.

Pemilu secara sederhana mengkonversikan suara ke kursi, ujar Totok Hariyono dalam sambutannya. Akan tetapi, diproses ini dipertaruhkan integritas kita sebagai pengawas pemilu, lanjutnya.

“Kejahatan tertinggi pada pemilu, yaitu pencurian suara. Semua memiliki hak suara yang sama, jika selisih satu suara saja bisa tidak mendapatkan kursi. Mari menjaga jangan sampai suara tercuri. Pencegahan diumpamakan seperti mata elang yang selalu awas dalam mengawal pemilu”, ungkap Totok.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan narsum dari KPU RI terkait Kesiapan TPS dan Logistik Pemilu. Kemudian materi dari cak Maskur perihal Strategi Pengawasan Tungsura pada Pemilu 2024, dan paparan terkait Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pengawasan Tungsura.

Giat ini dihadiri Ketua Bawaslu, Kordiv Pencegahan, Parmas, dan Humas, dan Kabag Pengawasan Bawaslu Provinsi se-Indonesia dan Kordiv Pencegahan Bawaslu Kab/Kota se-Indonesia.

Adapun dari Bawaslu Kabupaten Lebong dihadiri oleh Anggota Renaldo Saputro dan Provinsi Bengkulu dihadiri Ketua Bawaslu Faham Syah, bersama Kordiv Asmara Wijaya, dan didampingi Kabag Pengawasan Apriyanto Kurniawan, serta Kordiv Kab/Kota se-Provinsi Bengkulu.

 

  • Penulis: Angger Saputra

  • Editor: Renaldo Saputro

Foto bersama
Foto bersama