Lompat ke isi utama

Berita

Rakernis Pengelolaan Website Utama

13 Januari 2024

Bawaslu Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Penguatan sistem dan pengelolanya (sumber daya manusia) website utama Bawaslu Kabupaten/kota, Kasubbag Administrasi dan staf teknis Bawaslu Kabupaten Lebong ikuti rapat teknis pengelolaan website utama Bawaslu Kabupaten/kota hasil Unifikasi Regional 2. Hotel Swiss Balcourt Bogor Sabtu (13/1/2024).

Dalam Acara rakernis ini staf teknis pengelola Website Bawaslu  mendapatkan bimbingan dan pelatihan yang sangat detail terkait dengan pengelolaan website Bawaslu.

Adapun yang menjadi pemateri pertama dalam acara ini adalah Ibu Rein Gloria dari Divisi Publikasi dan Dokumentasi Bawaslu RI.

Pada materinya disampaikan bahwa pembuatan berita meliputi 3 (tiga) hal :

  1. Perencanaan. "Buat agenda atau kalender perencanaan pemberitaan berdasarkan tema tema kepemiluan yang disesuaikan dengan kondisi yang ada".

  2. Peliputan. "Kumpulkan bahan berita (informasi) dan foto maupun video untuk menjadi bahan utama dalam penayangan berita maupun informasi di media sosial".

  3. Menulis Berita. "Membuat berita dengan pegangan struktur piramida terbalik dari 5W+1H".

Mbak rein panggilan akrabnya, juga menyampaikan Website sebagai akses informasi utama, Jangan sesekali kita membuat berita dengan melihat berita di media luar, tapi kita harus menjadi acuan utama dalam membuat berita. Ungkapnya.

Lebih lanjut materi kedua yang disampaikan langsung oleh  Bapak Baginda Laloan lubis dari Divisi Pengembang Unifikasi website Bawaslu RI.

Dalam kesempatan ini peserta Rapat Teknis Pengelolaan Website Utama Bawaslu diberikan pembelajaran praktek langsung terhadap pengisian dan pengelolaan konten-konten yang ada pada Website utama Bawaslu Kabupaten/Kota.

Pengisian dan pengelolaan konten pada website yang dilakukan meliputi, penambahan konten Visi Misi, struktur Organisasi,Profil dan tampilan fungsi Menu utama pada Website.

Terakhir sebelum acara Rapat Teknis Pengelolaan Website Utama Bawaslu Unifikasi Regional 2 ditutup, Kasubag TU Pusdatin Yunanto Dwi Prabowo menyampaikan "Kedepan acara Humas, Datin dan PPID akan selalu diadakan dengan melibatkan staf teknis pengelola Website dan PPID".

(Humas).