Lompat ke isi utama

Berita

Permudah askes informasi publik Bawaslu Uji coba E-PPID

Permudah askes informasi publik Bawaslu Uji coba E-PPID

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Untuk mempermudah akses informasi publik dalam meminta informasi Bawaslu luncurkan E-PPID. E-PPID merupakan inovasi terbaru dalam bentuk aplikasi yang bisa digunakan oleh pemohon dalam proses permohonan informasi publik ke Bawaslu. E-PPID juga terintegrasi ke seluruh PPID Bawaslu se-Indornesia. untuk sementara E-PPID ini masih tahap sosialisasi dan uji coba oleh Bawaslu Kabupaten/Kota, untuk tahap awal hanya Kabupaten/Kota di 15 Provinsi salah satunya Bawaslu Kabupaten Lebong.

Sosialisasi dan Uji Coba di ikuti secara luring dan daring seluruh staf SDM pengelola Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten/Kota diberikan pemahaman dan dilanjutkan uji coba terhadap aplikasi E-PPID pada selasa (21/06/2022) di ruang sidang Bawaslu Provinsi Bengkulu guna memperkuat pemahaman terhadap aplikasi E-PPID. Mendatangkan narasumber dari Bawaslu RI yakni Tenaga Ahli yang membidangi PPID, Sulastio dan staf yang Datin Yoga Ciptadi.

Acara dibuka secara langsung oleh Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Dodi Herwansyah sekaligus Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Provinsi Bengkulu ini berharap pelaksanaan sosialisasi sekaligus implementasi tersebut dapat berjalan dengan lancar. Mengingat hal tersebut merupakan tugas penting yang harus dipahami oleh jajaran Bawaslu se-Provinsi Bengkulu.

β€œIni inovasi baru dari Bawaslu, tujuannya tentu untuk mempermudah pengelolaan informasi kedepannya. Jadi pastikan ikuti kegiatan ini dengan serius hingga outputnya nanti dapat kita aplikasikan dalam kerja-kerja Bawaslu Provinsi Bengkulu,” tutur Dodi.

Berkesempatan hadir juga pada acara tersebut Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Patimah Siregar pun setuju dengan konsep setiap pekerjaan menghasilkan ilmu dan pembelajaran baru. Ia mengakui tugas PPID sangat berat terlebih dalam fase tahapan pemilu yang sudah berjalan. Ia berharap sharing ilmu yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas PPID di Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, Tenaga Ahli Bawaslu RI, Sulastio menjelaskan E-PPID akan memudahkan semua akses jika nantinya sudah terintegrasi seluruhnya. Harapannya ke depan, E-PPID dapat menjadi sumber dan akses data secara terintegrasi.

Selanjutnya, penjelasan teknis dan praktik uji coba aplikasi e-ppid di pandu oleh staf PPID Bawaslu RI, Yoga Ciptadi. (om).

Tag
Berita