Lompat ke isi utama

Berita

Pentingnya Pemantau Pemilu, Bawaslu Luncurkan Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024

Pentingnya Pemantau Pemilu, Bawaslu Luncurkan Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Terkait dengan pentingnya peranan Pemantau Pemilu pada proses Pemilu 2024 mendatang, Bawaslu Republik Indonesia menggelar kegiatan Peluncuran Meja Bantuan Pemantau Pemilu Tahun 2024 yang dihadiri oleh para Pemantau Pemilu Tingkat Pusat, Pers dan diikuti Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia secara daring melalui zoom meeting, Jum’at (10/06).

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu RI periode 2022 – 2027, Rahmat Bagja, S.H., L.L.M. menyampaikan  “Kami bersama-sama akan melakukan Peluncuran Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024, urgensi dari meja layanan Pemantau ini sesuai dengan Undang-Undang 7 Tahun 2017 bahwa Pendaftaran dan Akreditasi Pemantau Pemilu kewenangannya ada pada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk Pemilu 2024 mendatang” ucap Bagja.

Selanjutnya, Anggota Bawaslu RI periode 2017 – 2022 itu juga berharap kepada para jurnalis dapat menyebarkan informasi kepada para pemantau untuk segera mendaftarkan diri mereka, semakin cepat dibentuknya pemantau akan semakin baik sehingga pemantau bisa mengawal setiap proses Tahapan Pemilu 2024.

“Semakin cepat para Pemantau Pemilu mendaftar ke Bawaslu maka dapat semakin cepat pula memantau dan mengawasi proses Pemilu 2024 yang akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2022 pekan depan, mulai dari pengawasan perencanaan, pengawasan pendaftaran parpol sampai pada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Kemudian kita akan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Serentak tanggal 27 November pada tahun yang sama, 2024, tugas pemantau akan semakin berat, oleh sebab itu, kami siapkan Meja Layanan Pemantau Pemilu ini sehingga kemudian teman-teman pemantau akan terbantu dalam proses pendaftaran dan akreditasi” tegasnya.

Terakhir, Bagja berpesan “Kedepan pemantau akan sangat diperlukan oleh Bawaslu, karena akan memantau dan mengawasi proses tahapan yang akan dilakukan oleh KPU, kami (Bawaslu) bertugas mencegah, mengawasi dan menindak, kita akan menghadapi Pemilu yang lebih sejuk dibandingkan Pemilu tahun 2019, dengan masyarakat yang heterogen sehingga keawasan terhadap kesatuan dan kebhinekaan yang akan diawasi oleh pemantau sesuai dengan amanah para pendiri bangsa yang menginginkan negara lebih maju dan lebih demokratis, untuk itu dalam menjalankan demokrasi tersebut agar lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa” pungkas Bagja.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Anggota Bawaslu RI diantaranya Puadi, Totok Hariyono dan Lolly Suhenty serta Kepala Biro Dukungan Teknis Bawaslu RI, La Bayoni.

Sebagai informasi kegiatan ini di ikuti oleh ketua dan anggota Bawaslu kabupaten Lebong melalui virtual zoom meeting di ruang media center Bawaslu Kabupaten Lebong.

Penulis: Dedo Adffiyo.

Editor: Sabdi Destian

Fotografer: Oma Tresatrio

Tag
Berita
Edukasi Pemilu