Lompat ke isi utama

Berita

Pemutakhiran PDPB, Melky Agustian Ajak semua Elemen untuk Terlibat

Pemutakhiran PDPB, Melky Agustian Ajak semua Elemen untuk Terlibat

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Dalam rangka menjaga mata pilih Bawaslu Kabupaten Lebong menghadiri rapat Koordinasi Triwulan III Pemutakhiran Data Pemilihan Berkelanjutan (PDPB) yang digelar KPU Kabupaten Lebong di aula hotel asri. Dalam rakor tersebut Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Melky Agustian, S.H mengajak semua stake holder untuk menyamakan persepsi tentang data pemilih yang digunakan dalam Pemilu baik dari perspektif lembaga pengawas, KPU dan lembaga-lembaga pemerintah yang membidangi data kependudukan. Dengan demikian upaya kerjasama antar institusi menjadi penting untuk mendapatkan data pemilih akurat sehinggah terjamin hak politik masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di hari pemungutan suara nanti. Hal ini disampaikan langsung dalam forum Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Priode Triwulan Ke-III tahun 2022 tingkat KPU Kabupaten Lebong. Sabtu (01/10/2022) Aula Hotel Asri, Kampung Jawa.

Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Melky Agustian, S.H., mengajak “Dalam menyongsong Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Lebong megajak seluruh stekholder terlibat aktif dan partai politik ikut mengawal penyusunan dan pemutakhiran data pemilih tersebut agar Data Pemilih yang disajikan sudah mutakhir, akurat, komprehensif, aksesbilitas dan transparan,” ucapnya. Kegiatan rapat koordinasi ini dibuka secara langsung oleh Anggota KPU Kabupaten Lebong, Devi Irawan, S.H., yang dalam sambutannya menyampaikan “Data Pemilih Berkelanjutan merupakan salah satu kewajiban Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong karena Hal tersebut di atur dalam Undang-Undang (UU) Republik Indonesia (RI) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), ditingkat KPU Kabupaten/Kota tertuang pada Pasal 20 huruf (l) KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Kemudian data pilih itu juga merupakan elemen penentu awal dalam keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024, makannya selalu menjadi permasalahan setiap kali pelaksanaan Pemilu” paparnya. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Anggota KPU Kabupaten Lebong Yayan Hardian, S.IP selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menjelaskan “bahwa perjalan data pilih untuk Pemilu 2024 ini prosesnya sangat panjang, mulai dari pemuktahiran data pilih berkelanjutan hinggah nanti turunya Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan DP4 dari kemendagri ke KPU RI melalui KPU Provinsi disampaikan ke KPU Kabupaten/Kota, selanjutnya KPU Kabupaten/Kota mengolah data tersebut dengan disandingkan DPB terakhir, sehinggah data yang dihasilkan nanti sudah akurat, akan dilakukan Coklit pada tahapan tersebut” paparnya. Lebih lanjut “untuk Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Priode Triwulan Ke-III tahun 2022 pada Bulan September, menghasilkan daftar pemilih berkelanjutan sebesar 78.007 pemilih dengan rincian, laki-laki 39.479 pemilih dan perempuan 38.528 pemilih yang tesebar di 12 Kecamatan” terang yayan

Sebagai informasi, dalam acara tersebut dihadiri oleh M. Ikram (Kesbangpool), Tri Handayani, M.Si., (Dinas Dukcapil), Teguh Prasetio, (Capdin Wilayah V MA), L. Damanik (Kodim 0409/RL), Agus Widada (Polres Lebong), Heri Sandy, S.Pd (Kemenag Lebong) dan pengurus/LO parpol tingkat Kabupaten Lebong, antara lain Elfi (Garuda) , Desran Wahyudi (PPP), Kamedan Wijaya (PKB), M.Rio Manurung (Nasdem), Saridani (PSI), Yedi Suryadi (PKS), Bustanul Jamal (Golkar), Hendra (Hanura), Nikolas Sixtin (Demokrat), Henny (Perindo), Wika Putri(PKPI), Arlin Oktalina (PAN).

Penulis & Dokumentasi: Dedo Adeffiyo Editor: Melky Agustian
Tag
Berita