Lompat ke isi utama

Berita

Pemilu 2024, Puji: Disabilitas Jangan Hanya Bernilai Disaat Pemungutan Suara Saja

Pemilu 2024, Puji: Disabilitas Jangan Hanya Bernilai Disaat Pemungutan Suara Saja

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong - Pentingnya menjaga Hak para Disabilitas, Para Disabiltas jangan hanya dinilai pada saat Pemungutan Suara saja, setelahnya lupa hak para Disabilitas yang harus di perjuangkan. Hal itu diungkapkan oleh PLT Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebong saat memberikan materi di acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas dalam rangka Pemilu serentak Tahun 2024 yang di gelar oleh Bawaslu Kab. Lebong di Aula Kantor Camat Amen, Selasa, (2/8/22).

Puji Warno, S.Pd., berharap kepada Penyelenggara Pemilu ataupun Calon Legislatif dan Eksekutif “Para Disabilitas ini jangan hanya diikutsertakan atau dinilai pada saat mau pemungutan suara saja, waktu hari pemungutan suara mereka dijemput, diajak berfoto-foto, tetapi setelah itu tidak lagi dilibatkan apalagi memperjuangkan hak-haknya para Disabilitas yang memang membutuhkan perhatian lebih”, ucapnya.

“ada 306 orang Disabilitas yang terdata di Dinsos Lebong saat ini, dari data tersebut yang paling banyak itu Disabilitas Mental. Kami berharap kedepannya ada keterwakilan dari Disabilitas yang tampil dalam Pemilu/Pemilihan, misalnya jadi Calon Legislatif (Dewan Perwakilan Rakyat), Kepala Daerah (Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati/wakil Bupati) ataupun jadi penyelenggara dalam proses Pemilu/Pemilihan kedepannya”, tambahnya.

PLT Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebong yang akrab dipanggil Puji itu mengatakan “Dinas Sosial Kabupaten Lebong saat ini sedang mendata apa saja yang menjadi kebutuhan para Disabilitas yang ada di Kabupaten Lebong, mulai dari Fasilitas Keseharian (kursi roda) atau yang lainnya, kemudian fasilitas untuk usaha, misalnya ada yang mau ternak ayam atau usaha lainnya, nanti Dinas Sosial memberikan modalnya”, tuturnya.

“saat ini Dinsos Lebong berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan para Disabilitas sesuai kebutuhan yang dibutuhkan, baik fasilitas keseharian ataupun fasilitas untuk usaha” pungkas Puji.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas dalam rangka Pemilu serentak Tahun 2024 ini mengundang Narasumber dari Dinas Sosial Kab. Lebong, KPU Kab. Lebong, dan Bawaslu Kab. Lebong, dengan peserta 10 orang perwakilan Disabilitas yang ada diwilayah Kab. Lebong.

Nah Sahabat Bawaslu, dengan keterbukaan informasi dan sosialisasi di Bawaslu Kabupaten Lebong ini ayo sama-sama kita pantau dan ikuti media sosial Bawaslu Kabupaten Lebong untuk terus meng-update perkembangan dan mendapat edukasi tentang demokrasi dan kepemiluan. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis: Angger Saputra

Editor: Melky Agustian

Dokumentasi: Rahmat Hidayat

Tag
Berita
Pengawasan