Lompat ke isi utama

Berita

Pemilu 2024, Jefriyanto: Semua Elemen Harus Terlibat

Pemilu 2024, Jefriyanto: Semua Elemen Harus Terlibat

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong - Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, Bawaslu Kabupaten Lebong gelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif kepada Disabilitas agar semua elemen masyarakat ikut terlibat, hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kab. Lebong Jefriyanto, SP., saat memberikan kata sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas dalam rangka Pemilu serentak Tahun 2024 secara resmin di Aula Kantor Camat Amen Kabupaten Lebong, Selasa (2/8/22).

Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong menjelaskan bahwa dalam Pemilu di Indonesia ada kekhususan soal menjamin hak disabilitas “ada pemilih yang membutuhkan perlakuan khusus, penyelenggara Pemilu diharapkan ada perlakuan lebih khusus untuk para penyandang disabilitas, baik akses menuju tempat pemungutan suara, ataupun seperti surat  dalam bentuk braille,dan lainnya,  kemudian akses layanan untuk disabilitas ini harus di perjuangkan agar benar-benar tercapai” ucapnya Jefriyanto, SP.

Jefriyanto, SP., juga memaparkan “Bapak/Ibu semuanya pada rangkaian kegiatan ini, Bawaslu mengajak seluruh elemen masyarakat agar saling membahu, gotong royong dan bersinergi dalam mengawal dan mengawasi tahapan pemilu, baik masyarakat umum maupun yang khusus seperti para Disabilitas, apalagi dijelaskan dalam undang-undang dasar tahun 1945 pasal 28 H ayat 2 menyebutkan “setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus  untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan”, tegas ketua Bawaslu Lebong.

“Tahapan Pemilu 2024 telah di launching, Bawaslu ingin menyertakan seluruh elemen masyarakat ikut serta dalam mengawasi setiap prosesnya, karena demokrasi yang berkualitas dan pemilu yang berintegritas hanya lahir dari peran serta masyarakat dalam pengawasannya” tambahnya.

Kemudian “Bapak/Ibu sekalian jangan sampai merasa minder, karena kita punya hak yang sama pada saat pemilu, kami ingin mengajak Bapak/Ibu untuk menjadi bagian dari pengawas partisipatif dalam setiap tahapan Pemilu 2024, jangan hanya hadir ke tempat pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 nanti, tetapi mari kita kawal bersama proses Pemilu 2024 ini untuk memilih pemimpin berdasarkan hati nurani kedapanya” tandasnya.

Di akhir kata sambutannya ketua Bawaslu Kabupaten Lebong mengingatkan “kalau kita lihat di Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas, setidaknya ada 6 asas apabila dikaitkan dengan pemilu semuanya adalah hak Bapak/Ibu, hak yang pertama adalah penghormatan terhadap martabat, yang kedua otonomi individu, ketiga tanpa diskriminasi, keempat melindungi aktivitas fisik, kelima adalah keragaman manusia dan kemanusiaan dalam artiannya bahwa dalam konsep bernegara dan berbangsa kita adalah sama-sama manusia, kemudian yang keenam adalah kesamaan kesempatan” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas dalam rangka Pemilu serentak Tahun 2024 di buka secara resmi oleh Ketua didampingi oleh Anggota dan Koorsek Bawaslu Kab. Lebong, dengan Narasumber dari Dinas Sosial Kab. Lebong, KPU Kab. Lebong, dan Bawaslu Kab. Lebong, peserta yang terundang ada 10 orang perwakilan dari Disabilitas yang ada diwilayah Kab. Lebong.

Nah Sahabat Bawaslu, dengan keterbukaan informasi dan sosialisasi di Bawaslu Kabupaten Lebong ini ayo sama-sama kita pantau dan ikuti media sosial Bawaslu Kabupaten Lebong untuk terus meng-update perkembangan dan mendapat edukasi tentang demokrasi dan kepemiluan. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis: Angger Saputra

Editor: Jefriyanto

Dokumentasi: Alfian Saputra

Tag
Berita
Pengawasan