Lompat ke isi utama

Berita

Monev Realisasi Anggaran, Lopian : Sesuaikan Indikator Kinerja dengan Program dan Kegiatan

Monev Realisasi Anggaran, Lopian : Sesuaikan Indikator Kinerja dengan Program dan Kegiatan

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Monitoring dan evaluasi sangat penting dilakukan oleh suatu lembaga pemerintahan secara periodik agar mengetahui kendala dan hambatan dalam melaksanakan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan serta mengetahui realisasi atau serapan anggaran yang sudah tercapai dan belum tercapai. Realisasi tidak hanya dinilai dari besarnya serapan anggaran, namun dinilai juga dari indikator kinerja sesuai dengan program dan kegiatan yang sudah terlaksana. Hal tersebut ditegaskan oleh Lopian Hidayat, S.E., M.Si. selaku Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Bengkulu saat menyampaikan sambutan dan arahan dalam rapat daring (online) Kegiatan Rapat Pengendalian dan Pemantauan Pelaksanaan Program dan Kegiatan Bulan Januari s.d. Agustus Tahun Anggaran 2022 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu, Jumat (9/9/2022).

“Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Realisasi tidak hanya dinilai dari besarnya serapan anggaran, tapi dinilai juga dari indikator kinerja sesuai dengan program dan kegiatan yang sudah kita laksanakan, ada dan tidak adanya anggaran berpengaruh dengan kinerja kita secara keseluruhan,” tegas Lopian.

Selanjutnya, kata Lopian, “Rapat ini dilaksanakan untuk mengevaluasi realisasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan pada Bulan Januari s.d. Agustus Tahun 2022 dan mengidentifikasi kendala dan hambatan serta memberikan masukan agar program dan kegiatan dapat berjalan dengan optimal dan efektif,”ujarnya.

Pada rapat evaluasi penyerapan anggaran per Agustus 2022 itu dilakukan pemaparan oleh masing-masing bagian dari Bawaslu Provinsi Bengkulu, dimulai dengan Bagian Administrasi, kemudian dilanjutkan oleh Bagian Pengawasan dan Humas serta Bagian Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa Proses dan Hukum terkait realisasi dan evaluasi kegiatan. Setelah itu dilanjutkan pemaparan realisasi dan evaluasi oleh perwakilan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu yang dimulai dari Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Bawaslu Kabupaten Kabupaten Lebong, Bawaslu Kabupaten Kepahiang dan Bawaslu Kabupaten Bengkulu Tengah.

Sebagai informasi, kegiatan Rapat Pengendalian dan Pemantauan Pelaksanaan Program dan Kegiatan Bulan Januari s.d Agustus Tahun Anggaran 2022  di lingkungan Bawaslu Provinsi Bengkulu dilaksanakan pada tanggal 09 September 2022 dihadiri oleh Kepala Sekretariat, Kepala Bagian, Sub Koordinator Keuangan dan BMN Bawaslu Provinsi Bengkulu dan diikuti secara daring (online) oleh Kepala Sekretariat/Koordinator Sekretariat, BPP serta staf Keuangan masing-masing Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu termasuk Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Lebong, M.Rafki, S.H., BPP Erwin, dan staf pengelola keuangan Bawaslu Kabupaten Lebong.

Sahabat Bawaslu, perlu juga diketahui bahwa dalam tata kelola pengawasan kepemiluan juga harus didukung oleh pengelolaan keuangan yang efektif, efisen dan akuntabel agar pengawasan pemilu dapat berjalan optimal sesuai dengan perencanaan program dan kegiatan yang telah ditetapkan. Salah satu program yang paling penting dalam pengawasan pemilu adalah pengawasan partisipatif, yaitu pelibatan masyarakat dalam mengawasi jalannya pemilu 2024 agar penyelenggaraan pemilu dapat berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis/Dokumentasi: Rahmat Hidayat

Editor: Sabdi Destian

Tag
Berita