Lompat ke isi utama

Berita

Menghadapi Penetapan DCT, Bawaslu Kab. Lebong Ikuti Rapat Fasilitasi dan Pembinaan di Bawaslu Provinsi Bengkulu

Menghadapi Penetapan DCT, Bawaslu Kab. Lebong Ikuti Rapat Fasilitasi dan Pembinaan di Bawaslu Provinsi Bengkulu

Bengkulu, Bawaslu Kabupaten Lebong – Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Khairul Habibi, Acep Peberian Utama, dan Alfain Saputra (staf mewakili Anggota) menghadiri undangan Rapat Fasilitasi  dan Pembinaan Persiapan Penyelesaian Sengketa Tahapan Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pada Pemilu Tahun 2024 dalam menghadapi tahapan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Tingkat Provinsi dan Kab/Kota di Provinsi Bengkulu. Jumat-Sabtu (13-14/10/2023) di Mercure Hotel, Bengkulu.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Faham Syah dan didampingi Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Natijo Elem, Kabag PPPSPH, Sholehin, Subkor Hukum PS, Asneli. Peserta kegiatan ini adalah kordiv yang membidangi penyelesaian sengketa Bawaslu Kabupaten Kota se Provinsi Bengkulu dan staf.

Dalam arahannya, Faham Syah menekankan untuk menjaga kualitas dan memetakan potensi sengketa proses pemilu yang akan berlangsung pasca penetapan DCT. Apalagi, potensi sengketa proses pemilu pasca penetapan DCT besar terjadi.

“Berkaca dari pengalaman kita penyelesaian sengketa pasca penetapan DCS, dapat menjadi perhatian kita semua untuk kita persiapkan pasca penetapan DCT. Ini menjadi penting karena potensi sengketa pasca penetapan DCT sangat besar” Katanya.

Selain itu, Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Natijo Elem, menyampaikan pokok-pokok teknis dari penyelesaian sengketa yang nanti dihadapi Bawaslu, khususnya Kabupaten/Kota dapat ditingkatkan baik prosedurnya, maupun putusannya.

“Ini harus menjadi perhatian teman-teman kabupaten/kota, agar kita perhatikan setiap sengketa proses yang masuk, sehingga kualitas penyelesaian sengketa nanti jika bergulir dapat berjalan sebagaimana mestinya” Ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber ahli dari berbagai instansi. Mulai dari Staf Ahli Bawaslu RI, Mantap Pimpinan Bawaslu Provinsi Bengkulu, Ketua PTUN Bengkulu dan Hakim Tinggi PT Bengkulu.

Tim Humas Bawaslu Kabupaten Lebong

Tag
Berita
Edukasi Pemilu
Pengawasan
Penindakan