Lompat ke isi utama

Berita

Memperingati Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021

Lebong – Ketua dan Anggota serta seluruh SDM Sekretariat Bawaslu Kabupaten Lebong menyaksikan dengan hikmat upacara Nasional Kenegaraan memperingati Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan di Monumen Pancasila Sakti di Jakarta Timur melalui virtual. Sekretariat Bawaslu Kab. Lebong. Jum’at, 01/10/2021.

Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dan Pembacaan Pancasila oleh Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti. Kemudian, pembacaan Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Bambang Soesatyo. Acara selanjutnya yaitu Pembacaan dan Penandatanganan Ikrar yang dilakukan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani. Pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober ini diperingati untuk mengenang sejarah tragedi gerakan 30 September 1965 (G/30/S/PKI) yang telah menewaskan beberapa Perwira Angkatan Darat. Para Perwira tersebut gugur dalam serangan pemberontakan dari orang-orang yang dituding terkait Partai Komunis Indonesia (PKI). Para Perwira inilah yang lantas ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi. Jajaran sekretariat Bawaslu Provinsi Bengkulu berpartisipasi dalam mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan penuh khidmat dan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

published by Humas Bawaslu Lebong.

Tag
Agenda
Berita