Lompat ke isi utama

Berita

Membumikan Pengawasan Partisipatif, Jefri : Peran dan Keterlibatan Masyarakat Sangat Diperlukan

Membumikan Pengawasan Partisipatif, Jefri : Peran dan Keterlibatan Masyarakat Sangat Diperlukan

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Peran masyarakat dalam aspek pengawasan menjadi salah satu kunci kesuksesan suatu penyelenggaraan Pemilu. Untuk itu penting sekali untuk membumikan pengawasan partisipatif kepada masyarakat, sehingga nilai demokrasi terjaga dan Pemilu benar-benar menghasilkan sosok pemimpin yang benar-benar bisa mewakili rakyat, papar Ketua Bawaslu Kab. Lebong Jefriyanto, S.P. saat menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Hotel Asri Kab. Lebong, Kamis (8/9/2022).

Ketua Bawaslu Kab. Lebong Jefriyanto, S.P. mengatakan, “Bawaslu menganggap partisipasi publik sebagai nyawa dalam proses pengawasan. Maka dari itu dengan melibatkan banyak orang, mencegah potensi pelanggaran akan semakin maksimal dan Bawaslu tidak pernah berhenti bekerja sama dengan semua pihak untuk terlibat dalam pengawasan Pemilu, karena kerap kali Bawaslu masih menemukan adanya beberapa pelanggaran. Pelanggaran ini diantaranya persoalan politik uang, politik transaksional, ujaran kebencian dan hoaks. Untuk penanganan dan pencegahan, tidak hanya dengan pendekatan formal melainkan juga pendekatan kultural, sehingga bentuk-bentuk partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan,” tutur Jefri.

Lebih lanjut, kata dia, “Bawaslu sebagai lembaga yang mempunyai mandat konstitusional untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu membutuhkan dukungan seluruh pihak dalam proses pengawasan. Secara institusional, tugas, wewenang, dan kewajiban pengawasan pemilu memang secara mutlak berada di pundak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), tetapi seluruh pihak terutama masyarakat mempunyai tanggung jawab moral untuk ikut serta dalam proses pengawasan pemilu demi tegaknya kedaulatan demokrasi,” terangnya. Mengakhiri pemaparan materinya Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong menyampaikan harapannya kepada peserta yang terundang khususnya masyarakat luas umumnya untuk ikut serta mengawasi penyelenggaraan pemilu tahun 2024, "Saya berharap setelah kegiatan ini para peserta sosialisasi dapat menyampaikan apa saja peran yang bisa dilakukan masyarakat dalam upaya mengawasi tahapan pemilu dengan ikut serta melakukan pengawasan dan melaporkan dugaan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu Kabupaten Lebong dan jajarannya," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Lebong. Nah, Sahabat Bawaslu Kabupaten Lebong, dengan upaya pelibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024 ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas demokrasi di Bumi Swarang Patang Stumang. Ayo awasi bersama penyelenggaraan Pemilu serentak yang sudah berjalan sejak 14 Juni 2022. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis: Giti Srinita Editor: Sabdi Destian Dokumentasi: Ario Tantomo

Tag
Berita
Edukasi Pemilu
Pengawasan