Lompat ke isi utama

Berita

Kick Off Sekolah Kader Pengawas Partisipatif

LEBONG – Bawaslu Kabupaten Lebong Ketua Jefriyanto, Anggota Sabdi Destian dan Melky Agustian beserta staf mengikuti Kick Off  Sekolah  Kader  Pengawas Partisipatif  yang digelar oleh Bawaslu Ri secara daring. Selasa, 15/06/2021.

SKPP adalah cara Bawaslu untuk menciptakan KaderPengawas yang berkualitas. Bagaimana peserta mempelajari pengawasan Pemilu dengan baik dan sistemis. Pada Pembukaan SKPP dihadiri langsung oleh Pimpinan Bawaslu RI.

Anggota Bawaslu RI M. Afifuddin dalam pembukaan (kick off) SKPP 2021:  SKPP ini penerjemahan dari hubbul wathon minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman). Kalau di zaman penjajahan, syair ini sudah menggungah untuk bersatu melawan penjajah.  Bagi Bawaslu, syair ini adalah adaptasi bagaimana cara mencintai republik ini. Bawaslu senantiasi menumbuhkan bibit-bibit #KaderPengawas dan membumikan nilai-nilai pengawasan ke sebanyak-banyaknya KaderPengawas pemilu.  Ngomong pemilu tak hanya ngomong tugas Bawaslu, tugas KPU, tugas pemda, tugas anggota dewan. Tapi ngomongin pemilu adalah bagaimana semua bergerak melakukan kaderisasai pengawas pemilu dan melakukan pendidikan politik. 

Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo dalam pembukaan (kick off) SKPP 2021: Kita semua harus mengambil peran ikut memastikan proses demokrasi di tanah air berjalan sebagaimana harapan kita bersama. Kenapa kita bersama? Karna proses demokrasi tidak terlepas dari kepentingan kita sebagai pemegang daulat rakyat. Pemilu bukan milik siapa-siapa. Pemilu adalah milik kita rakyat sebagai pemeganag daulat rakyat. Kalau kita mau negara ini baik & sejahtera maka tidak boleh cuek terhadap proses pemilu.Kenapa pemilu? Karena hanya melalui pemilulah satu-satunya cara yang konstitusional untuk menentukan siapa yang dikehendaki sebagai kepala negara. Itulah pentingnya kita hadir dalam proses pemilu. Pemilu yang berkualitas adalah pemilu yang melibatkan partisipasi masyarakat. Kita pastikan bahwa dalam proses pemilu kita hadir dan pastikan pemilu berjalan dengan jujur dan adil.

published by Humas Bawaslu Lebong
Tag
Berita