Lompat ke isi utama

Berita

Jefri Tegaskan Pemilih adalah Subjek Penentu yang Harus Proaktif dalam Pemilu

Jefri Tegaskan Pemilih adalah Subjek Penentu yang Harus Proaktif dalam Pemilu

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong, Jefriyanto, S.P. menekankan bahwa pemilih merupakan subjek penentu dalam suatu pemilihan yang harus proaktif dalam menyukseskan Pemilu, karena tanpa keterlibatan salah satu unsur dalam Pemilu selain dari penyelenggara dan peserta, Pemilu tidak akan berjalan sebagaimana mestinya untuk mendapatkan wakil rakyat ataupun pemimpin yang mendapat legitimasi dari proses pemilihan tersebut. Hal ini disampaikannya dalam rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan II tahun 2022 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Lebong, Jum’at (1/7/2022).

“Tiga unsur penting dalam suatu pemilihan yaitu adanya penyelenggara, peserta dan pemilih, dimana pemilih tidak hanya menjadi objek dari peserta pemilu untuk memperoleh dukungan suara semata, tapi pemilih haruslah menjadi objek penentu yang harus pula bersikap proaktif dalam pemilu/pemilihan, seperti halnya dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini, para pemilih hendaknya dapat terus memantau dan memastikan haknya nanti untuk dapat memilih calon yang akan dipilihnya,” tegas Jefri.

Selain itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong untuk masa jabatan 2018-2023 ini juga menyampaikan saran perbaikan secara tertulis yang bersumber dari hasil pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan pada kategori Pemilih Baru dimana terdapat 2 (dua) orang yang tersebar di Kecamatan Uram Jaya dan Kecamatan Lebong Utara. Saran perbaikan tersebut disampaikan berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan SE Bawaslu RI Nomor : 13 Tahun 2021 tentang Pelaksanan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan.

Selanjutnya beliau juga berpesan kepada KPU Kabupaten Lebong agar dapat berkoordinasi dengan pihaknya (Bawaslu Kabupaten Lebong) ketika turun ke lapangan terkait Verifikasi Data Pemilih Berkelanjutan serta menyarankan untuk intens berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Lebong terkait dengan Data Pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, seperti meninggal dunia, pindah domisili, alih status, dan sebagainya agar pemeliharaan data pemilih ini menghasilkan data yang lebih akurat dan mutakhir.

Pada kesempatan tersebut Melky Agustian, S.H. (Anggota) menyampaikan, “Sesuai dengan UU Pemilu ada 3 (tiga) lembaga yang bertugas mengurusi pemilu di Republik Indonesia yaitu KPU, Bawaslu, dan DKPP, tapi tanpa peran serta masyarakat dan stakeholder terkait, keberadaan ketiga lembaga tersebut tidak ada apa-apanya dalam pelaksanaan pemilu, maka dari itu kami mengharapkan pihak Pemerintah Daerah dan Partai Politik untuk sama-sama berkerja sama dalam menyukseskan gelaran pesta demokrasi 2024 mendatang,” ucap Melky.

Sementara itu, Koordiv. HP3S Bawaslu Kabupaten Lebong, Sabdi Destian, S.Sos. memberikan masukan terkait aplikasi Lindungi Hakmu, “Terkait penggunaan Aplikasi Lindungi Hakmu yang dimiliki KPU saat ini untuk dapat memperhatikan terkait pengisian data pendaftaran pemilih yang belum terdaftar yaitu pada menu pengisian nomor handphone dan alamat E-mail, karena tidak semua pemilih khususnya yang ada di Kabupaten Lebong ini memiliki nomor HP dan email seperti yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut untuk diisi” pungkasnya.

Dari hasil Rekapitulasi PDPB triwulan II dari bulan April sampai dengan Juni tahun 2022,  KPU Kabupaten Lebong menyampaikan bahwa total pemilih per bulan Juni 2022 sebanyak 75.890 dengan dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 38.504 dan pemilih perempuan berjumlah 37.386 yang tersebar di 12 Kecamatan dan 104 Kelurahan/Desa se-Kabupaten Lebong.

Sebagai tambahan informasi, rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh perwakilan Kodim 0409 RL, Polres, Cabdin wilayah V Dikbud Provinsi Bengkulu, Dinas Dukcapil, Kabag Pemerintahan, Badan Kesbangpol, Kakan. Kemenag, Pokdarwis serta beberapa Perwakilan dari Partai Politik yang ada di Kabupaten Lebong.

Nah, Sahabat Bawaslu Kabupaten Lebong sudahkah Anda memastikan data Anda terdaftar sebagai pemilih untuk Pemilu 2024 mendatang? Ayo kita sama-sama awasi dan tingkatkan partisipasi dalam Pemilu mendatang agar Pemilu di Bumi Sawarang Patang Stumang ini dapat berjalan secara Luber, Jurdil dan Demokratis. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis : Dedo Adeffiyo

Editor : Sabdi Destian

Fotografer : Alfian Saputra

Tag
Berita
Pengawasan