Lompat ke isi utama

Berita

Hari Peringatan Sumpah Pemuda, 36 Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Lebong Resmi Dilantik

Hari Peringatan Sumpah Pemuda, 36 Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Lebong Resmi Dilantik

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Bertepatan dengan Hari Peringatan Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun, Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong, Jefriyanto, S.P. secara resmi melantik 36 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan terpilih se-Kabupaten Lebong. Kegiatan Pelantikan yang penuh kekhidmatan tersebut digelar di Aula Hotel Asri, Muara Aman, Jum’at (28/10/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong Jefriyanto, S.P. menyampaikan 36 Anggota Panwaslu Kecamatan yang tersebar di 12 Kecamatan se-Kabupaten Lebong yang dikukuhkan tersebut merupakan orang-orang yang dianggap mampu menjalankan tugas pengawasan di lapangan karena sudah melalui proses perekrutan yang kredibel, objektif dan profesional.

“Hari ini Saudara-Saudari telah diambil sumpah/janji, Saudara-Saudari yang terpilih adalah orang-orang hebat dan harus mampu melaksanakan janji setelah mengucapkan lafaz sumpah atas nama Allah SWT. Maka Saudara memiliki tanggung jawab atas ucapan Saudara-Saudari tersebut. Untuk menimbukan integritas diri sehingga mampu bekerja secara profesional,” tegas Jefri.

Lebih lanjut, kata dia, “Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan merupakan bagian dari lembaga Bawaslu yang bertugas mengawasi seluruh tahapan Pemilu pada lingkup kecamatan masing-masing, setelah melalui proses perekrutan yang kredibel, objektif dan profesional diharapkan menghasilkan personel Panwascam yang berintegritas dalam menjalankan tugas pengawasan pada seluruh tahapan Pemilu 2024 mendatang,” imbuhnya.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong itu, Jefri meminta dukungan pihak Pemda dalam penyelenggaraan Pemilu kedepan, “Dalam pengelolaan administrasi di Sekretariat Panwascam sudah barang tentu harus diisi oleh tenaga-tenaga Pegawai Negeri Sipil, untuk itu kami sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lebong dapat memberikan izin dan merekomendasikan Pegawai Negeri Sipil yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebong ini untuk membantu jalannya proses pengawasan Pemilu 2024,  karena dengan batuan tersebut Insya Allah lembaga pengawas akan berjalan dengan baik dan lancar dalam pengelolaan administrasinya dengan dukungan personel tersebut. Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong dan Pengawas Pemilu bukanlah lembaga yang terpisah, dalam hajatan demokrasi bersama ini kami adalah panitia yang bertugas mengawasi jalannya penyelenggaraan Pemilihan Umum dan juga Pemilihan Kepala Daerah, oleh karena itu dukungan Pemerintah Daerah yang juga tertuang dalam UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sangat kami harapkan,” pintanya.

Kemudian Jefri mengucapkan terima kasih kepada para pihak serta mengobarkan kembali semangat Sumpah Pemuda, “Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Lebong yang telah mensupport kegiatan ini mulai dari awal pendaftaran, ujian tertulis hingga ujian wawancara dan sampai dengan pelantikan hari ini, terkait Sentra Gakkumdu, Insya Allah dalam beberapa hari ke depan akan kita laksanakan rapat koordinasi kegiatan Gakkumdu tersebut sebagai bentuk kesiapan dalam penanganan pelanggaran tindak pidana Pemilu kedepan. Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh undangan yang hadir pada hari ini, khususnya kepada segenap jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong sebagai wujud kepedulian dan partisipasi pada Pemilu serentak mendatang. Walaupun usia yang sudah beranjak tua namun semangat pemuda harus kita tampilkan,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Alumni Universitas Bengkulu tersebut juga menyinggung soal keterwakilan perempuan pada pemilihan Panwascam terpilih ini, “Saya ingatkan kepada Saudara-Saudari untuk kita saling membantu mewujudkan Kabupaten Lebong yang bahagia dan sejahtera dalam mencapai apa yang dicita-citakan dalam penyelenggaraan Pemilu kedepan dapat berjalan dengan baik. Kami menitipkan Panwascam terpilih kepada para Camat  di wilayah kerja masing-masing untuk saling bersinergi, sebagai bentuk penghargaan kami kepada ibu-ibu yang hadir, kami telah memilih lebih dari 30% keterwakilan perempuan untuk keanggotaan Panwascam se-Kabupaten Lebong ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota dan jajaran Sekretariat Bawaslu Kab. Lebong, jajaran Forkopimda Kabupaten Lebong antara lain Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong, Perwakilan Polres Lebong, Ketua KPU Lebong, Kepala Badan Kesbangpol Lebong, Perwakilan Kodim 04/09 RL, Kepala Satpol PP, dan para Camat di wilayah Kabupaten Lebong.

Sahabat Bawaslu, Panwaslu Kecamatan di 12 Kecamatan sudah resmi dilantik untuk mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kerjanya masing-masing. Partisipasi dan sinergi dan kolaborasi dari Sahabat Bawaslu sangat kami butuhkan untuk memperkuat demokrasi melalui pengawasan partisipatif. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis : Candra Dinata

Editor : Sabdi Destian

Fotografer : Ario Tantomo

Tag
Berita