Lompat ke isi utama

Berita

Data Hasil Pengawasan Yang Valid, Sabdi : Suksesnya Upaya Pencegahan

Data Hasil Pengawasan Yang Valid, Sabdi : Suksesnya Upaya Pencegahan

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong - Dari hasil pengawasan tahapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan partai politik yang dilakukan sudah berakhir tanggal 9 September 2022 lalu menghasilkan data pengawasan yang valid dan akurat, data ini menunjukkan bahwa upaya pencegahan yang kita lakukan selama berjalan sukses. Hal itu diungkapkan oleh Sabdi Destian, S.Sos. (Anggota) saat menjadi pembina Apel Penghormatan Bendera yang rutin digelar di halaman Sekretariat Bawaslu Kabupaten Lebong, minggu kedua September, Senin (12/9/2022).

"Pengawasan tahapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan partai politik yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Lebong sejak tanggal 16 Agustus 2022 hingga 9 September 2022 sudah menghasilkan data pengawasan yang valid dan akurat, hal ini tidak terlepas dari upaya kita (Bawaslu Kab. Lebong) dalam melakukan pencegahan, baik kepada pihak KPU Kab. Lebong maupun kepada pihak lainnya (stakeholder) yang berkepentingan pada tahapan ini termasuk partai politik tingkat Kabupaten," kata Sabdi.

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa ini juga mengapresiasi kerja-kerja pengawasan yang sudah dilakukan oleh jajarannya sejak awal Agustus lalu, "Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Lebong, baik unsur pimpinan maupun kesekretariatan secara keseluruhan yang telah membantu pengawasan tahapan pendaftaran dan verifikasi administrasi yang sudah berjalan, walaupun sangat menguras energi kita, namun dengan semangat soliditas yang tinggi kita mampu menjalankan kerja-kerja pengawasan dengan baik," ungkapnya.

Lebih lanjut Sabdi juga mengingatkan jajarannya untuk mengevaluasi hasil pengawasan yang sudah dilakukan, "Walaupun kita (Bawaslu Lebong) pada awal tahapan ini telah menyelesaikan tugas dengan baik, namun ada beberapa hal yang perlu kita evaluasi, diantaranya pemahaman seluruh pengawas terhadap regulasi yang sudah beberapa kali berubah terkait dengan tahapan, begitu juga dengan instruksi dari pimpinan kita secara hierarkis dalam melakukan pengawasan. Ini menjadi poin penting agar kita tidak salah langkah dan tepat dalam mengambil keputusan saat melakukan pengawasan terutama memberikan saran perbaikan hingga rekomendasi," tegas Koordiv. HP3S.

"Kedepan masih ada tahapan lain yakni tahapan perbaikan, verifikasi faktual, dan verifikasi faktual perbaikan di tingkat Kabupaten/Kota yang masih membutuhkan pemikiran dak kerja-kerja pengawasan yang harus kita siapkan dengan matang, agar kendala yang kita hadapi sebelumnya mampu kita cegah sedini mungkin, tentunya dengan meningkatkan koordinasi, konsolidasi dan juga konsultasi dengan sesama penyelenggara, stakeholder maupun dengan pimpinan secara hierarkis," tambah Sabdi.

Mengakhiri amanatnya, Sabdi juga mengimbau jajarannya untuk selalu menjaga kondisi tubuh dalam melakukan pengawasan, "Hal lain yang terpenting dalam melakukan kerja-kerja pengawasan adalah menjaga kondisi tubuh agar selalu fit, sehingga dapat optimal dalam menunjang pengawasan, apalagi kedepan tugas kita tidak hanya melakukan pengawasan, namun kita juga sudah mulai disibukkan dengan salah satu tugas kita yang lain yaitu melakukan perekrutan Panwaslu Kecamatan, sudah barang tentu intensitas kinerja kita juga sudah meningkat," pungkasnya.

Sebagai informasi, Apel Penghormatan Bendera kali ini diikuti oleh Anggota, Koordinator Sekretariat, seluruh staf PNS dan PPNPNS serta para siswa magang dari SMKS 6 Muhammadiyah Lebong.

Sahabat Bawaslu, mari terus dukung Bawaslu Kab. Lebong dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu agar Pemilu berjalan secara Luber dan Jurdil, serta siapkan dirimu untuk bersama-sama mengawasi Pemilu Serentak Tahun 2024 dengan menjadi Panwaslu Kecamatan di 12 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Lebong. #AyoAwasiBersama.

Penulis : Andi Tri Atmaja

Editor : Sabdi Destian

Fotografer : Dedo Adeffiyo

Tag
Berita