Lompat ke isi utama

Berita

Dalam meningkatkan Peran Kehumasan, Bawaslu Kabupaten Lebong Ikuti Bimtek di Bengkulu

Dalam meningkatkan Peran Kehumasan, Bawaslu Kabupaten Lebong Ikuti Bimtek di Bengkulu

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Dalam meningkatkan Peran Kehumasan, Bawaslu Kabupaten Lebong Ikuti Bimtek di Bengkulu. Humas memiliki peran dalam membentuk citra lembaga, Humas memiliki peran sebagai penyampaian dan pengelolaan informasi serta edukasi dengan baik dan semaksimal mungkin agar informasi yang disiarkan dapat dipahami dan diterima dengan baik juga oleh masyarakat. Proses pengelolaan dan penyampaian informasi ini tentu harus pula dibarengi dengan keberadaan humas yang senantiasa terus belajar dalam memberikan yang terbaik, ungkap Halid Saifullah Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu mumbuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Kehumasan, Peliputan dan Dokumentasi serta Informasi Publik Bawaslu se-Provinsi Bengkulu. Hotel Santika Bengkulu, Senin (27/02/2023).

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu juga menegaskan perlunya strategi kehumasan melalui media agar masyarakat mengetahui aktivitas apa saja, khususnya aktivitas pengawasan tahapan pemilu yang saat ini tengah berlangsung yang dilakukan Bawaslu Provinsi Bengkulu dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu “Humas harus kreatif dan inovatif dalam menyampaikan informasi. Mainkan ritme penggunaan media sosial lembaga ataupun pribadi untuk mengedukasi masyarakat mengenai kepemiluan. Kembangkan hasil-hasil pengawasan dalam bentuk berita ataupun konten-konten menarik dan menghibur agar menarik minat dan perhatian masyarakat untuk lebih mengetahui dan mengenal Bawaslu,”ucap Halid.

Pada kesempatan yang sama Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Faham Syah sebagai Kordiv yang membidangi kehumasan, bahwa saat ini Bawaslu sedang dalam proses penyusunan Peraturan Bawaslu mengenai tata kelola kehumasan. Nantinya perbawaslu ini akan menjadi payung hukum pengelolaan kehumasan. Ia pun berharap ke depan Bawaslu Provinsi Bengkulu dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Prov. Bengkulu dapat terfasilitasi dengan baik khususnya dalam hal sarana dan prasarana kehumasan sehingga pengelolaan informasi dapat dilaksanakan dengan lebih maksimal.

Kemudian, anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Eko Sugianto sependapat bahwa keberadaan humas harus memiliki payung hukum. Hal ini terkait dengan Divisi yang diampu oleh Bawaslu oleh anggota di Kabupaten/Kota adalah Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas. Adanya Perbawaslu tentang kehumasan tentu akan semakin memperkuat pola dan strategi kehumasan Bawaslu.

Selanjutnya, anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Natijo elem turut mengapresiasi kerja-kerja humas Bawaslu Provinsi Bengkulu yang telah berjalan dengan cukup maksimal. hal ini dibuktikan dengan beragam penghargaan yang di raih oleh humas di setiap tahun.

Terakhir, Dodi Herwansyah Kordiv SDMO dan Diklat mengajak seluruh jajaran untuk bersama mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah di raih oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu. Perbaikan tata kelola kehumasan, penyusunan strategi yang lebih maksimal menuju humas Bawaslu Provinsi Bengkulu yang lebih berkualitas.

Dalam kegiatan tersebut Hadir Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Melky Agustian, S.H., dan didampingi oleh staf Humas Bawaslu Kabupaten Lebong, untuk mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Kehumasan, Peliputan dan Dokumentasi serta Informasi Publik Bawaslu se-Provinsi Bengkulu dalam rangka upaya untuk meningkatkan kehumasan di Bawaslu Kabupaten Lebong.

Penulis: Angger Saputra, S.P.

Editor: Melky Agustian, S.H.

Tag
Berita