Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Lebong Tingkatkan Trust Public Melalui Kehumasan

Bawaslu Lebong Tingkatkan Trust Public Melalui Kehumasan

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong - Salah satu upaya meningkatkan trust public (kepercayaan publik) terhadap lembaga adalah dengan memaksimalkan fungsi kehumasan. Hal ini disampaikan oleh Jefriyanto, S.P. saat mengevaluasi fungsi kehumasan Bawaslu Kabupaten Lebong semester pertama (Januari s.d. Juni) tahun 2022 yang dilaksanakan di ruang Media Center, Rabu (6/7/2022).

"Dalam mengevaluasi fungsi kehumasan lembaga kita ini ada setidaknya 2 target yang harus tercapai, pertama target jangka panjang yaitu dengan meningkatkan trust public (kepercayaan publik) terhadap lembaga kita, karena dengan semakin banyak berita dan informasi yang kita sampaikan kepada masyarakat maka masyarakat akan menilai bahwa lembaga ini sudah terbuka dan informatif, sedangkan target yang kedua yaitu untuk jangka pendek, penyampaian informasi yang kita sampaikan adalah informasi yang cepat, akurat dan aktual," tegas Ketua Bawaslu Kab. Lebong tersebut.

Pada rapat internal tersebut, Koordiv. Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S), Sabdi Destian, S.Sos. menambahkan, "Saya sangat mengapresiasi atas progres fungsi kehumasan terutama di tahun 2022 ini, tetap pertahankan kuantitas dan tingkatkan kualitas konten-konten sosialisasi dan edukasi yang kita sampaikan kepada masyarakat," ucapnya.

Selain itu, Sabdi juga memotivasi jajarannya untuk terus meningkatkan kemampuan dalam menulis, "Jika kita ingin mengenal dunia perbanyaklah membaca, tapi jika kita ingin dikenal dunia maka perbanyaklah menulis dan berkarya," imbuhnya di tengah rapat evaluasi tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Anggota yang menggawangi Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Melky Agustian, S.H. memberikan masukannya terkait dengan konten-konten sosialisasi, "Humas ini adalah teras dari suatu lembaga, untuk itu hasil jepretan foto dan tangkapan video yang akan kita bagikan di media internal sebagai cerminan dari lembaga, setidaknya perlu kita perhatikan kembali kualitas dan variasinya agar masyarakat akan lebih tertarik untuk membaca konten yang kita sampaikan," tutur Melky.

Di akhir rapat tersebut Koordinator Sekretariat, M. Rafki, S.H. juga memberikan pencerahannya untuk  mencari solusi bersama-sama dari permasalahan dan hambatan yang ada, "Dalam evaluasi kehumasan ini kita mencoba mencari kendala dan hambatan yang kita hadapi untuk selanjutnya kita temukan solusinya secara bersama-sama agar kedepan fungsi kehumasan kita dapat berjalan lebih maksimal," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan rapat internal tersebut juga mendiskusikan hal-hal mengenai podcast Bawaslu Kabupaten Lebong yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Adapun brand atau nama podcast Bawaslu Kabupaten Lebong telah disepakati bersama yaitu “BiaDe Podcast (Bincang Demokrasi)”.

Nah Sahabat Bawaslu, dengan keterbukaan informasi dan sosialisasi di Bawaslu Kabupaten Lebong ini ayo sama-sama kita pantau dan ikuti media sosial Bawaslu Kabupaten Lebong untuk terus meng-update perkembangan dan mendapat edukasi tentang demokrasi dan kepemiluan. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis : Karmila

Editor : Sabdi Destian

Fotografer : Andi Tri Atmaja

Tag
Berita
Pengawasan