Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Lebong Kawal Putusan Bawaslu terkait Parpol PRIMA

Bawaslu Kabupaten Lebong Kawal Putusan Bawaslu terkait Parpol PRIMA

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Dalam rangka mengawal putusan Bawaslu Reapublik Indonesia yang berkaitan dengan untuk memerintahkan KPU sebagai pihak terlapor untuk menerbitkan keputusan KPU tentang tahapan, program, dan jadwal penyerahan dokumen persyaratan perbaikan, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilu. Prima sendiri diketahui menggunakan putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat sebagai alas laporan ke Bawaslu. Putusan PN sempat menghebohkan publik, karena secara implisit, salah satu amar putusannya menghukum KPU untuk menunda tahapan Pemilu 2024 ke 2025. Dalam hal tersebut Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong melakukan Pengawasan melekat Verifikasi Faktual keanggotan Prima yang dilakukan oleh tim verifikator dari KPU Kabupaten Lebong. Sabtu, 01 April 2023.

Pengawasan melekat terhadap proses Verfak keanggotaan Partai Politik Prima yang dilakukan oleh TIM verifikator KPU Kabupaten Lebong tersebut dilaksanakan sesuai dengan surat dari KPU Kabupaten Lebong Nomor 139/PL.01.1-SD/1707/2023, tanggal 1 April 2023, prihal Pemberitahuan pelaksanaan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan partai politik tindaklanjut Putusan Bawaslu terkait partai PRIMA, verifikasi akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 4 April 2023.

Berdasarkan pengawasan Bawaslu Kabupaten Lebong, jumlah sampel keanggotaan partai Prima yang harus di verifikasi faktual oleh tim verifikator dari KPU Kabupaten Lebong adalah 90 anggota yang tersebar di 11 (sebelas) kecamtan yang ada di Kabupaten Lebong antaranya, Uram Jaya 9 (sembilan) anggota, Topos 6 (enam) anggota, Rimbo Pengadang 9 (sembilan) orang, Pinang Belapis 6 (enam) anggota, Lebong Utara 9 (sembilan) anggota, Lebong Tengah 10 (sepuluh) anggota, Lebong Selatan 10 (sepuluh) anggota, Lebong Sakti 7 (tujuh) anggota, Lebong Atas 9 (sembilan) anggota, Bingin Kuning 9 (sembilan) anggota, Amen 6 (enam) anggota.

  • Editor: Melky A
  • Penulis: Angger S
Tag
Berita
Pengawasan