Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kab. Lebong Ikuti Rakor Pemetaan Kerawanan Pemilihan Serentak 2024 di Provinsi Bengkulu

#

Foto bersama saat Rapat Koordinasi Pemetaan Kerawanan Pemilihan Serentak 2024 di Provinsi Bengkulu

Lebongkab.bawaslu.go.id – Dalam rangka menghadapi tahapan Pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 Bawaslu Kabupaten Lebong hadiri undangan Bawaslu Provinsi Bengkulu dalam Rapat Koordinasi Pemetaan Kerawanan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 Menindaklanjuti surat instruksi Bawaslu RI dalam rangka melaksanakan tugas pencegahan pelanggaran dan sengketa proses penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, di Sekretariat Sentra Gakkumdu Provinsi Bengkulu, Kamis (6/6/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu sekaligus Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas, Asmara Wijaya, didampingi Kabag Pengawasan dan Humas, Apriyanto Kurniawan. Terundang dalam giat ini Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang membidangi dan staf.

Dalam arahannya, Asmara menyampaikan urgensi pemetaan kerawanan pemilihan guna mengantisipasi hal-hal terburuk dalam dinamika Pemilihan Serentak 2024. Selain itu sebagai fungsi pencegahan yang dilakukan Bawaslu memetakan kerawanan pemilihan di wilayah masing-masing.

“Penting bagi kita untuk memetakan kerawanan pemilihan ini sebagai bentuk mitigasi dan kerawanan di daerah masing-masing. Apalagi tiap daerah memiliki perlakuan dan dinamika khusus di masing-masing daerah.” katanya.

Selain itu, Asmara juga mengatakan pentingnya kegiatan ini dilakukan untuk informasi awal bagi Bawaslu Kabupaten/Kota sebelum melakukan pemetaan kerawanan pemilihan.

Pemaparan teknis disampaikan langsung oleh Kabag Pengawasan dan Humas, Apriyanto Kurniawan. Apri menekankan pentingnya penyamaan presepsi kerawanan pemilihan guna menghasilkan data yang valid di wilayah masing-masing.

“Saat ini IKP (Indeks Kerawanan Pemilu) menjadi pegangan bagi stakeholder untuk memahami kerawanan pemilu terakhir. Penting bagi kita dalam pengisian alat kerja nantinya dapat valid khususnya penyamaan kerawanan pemilihan guna menghasilkan data yang valid di wilayah masing-masing.” Jelasnya.

Giat ini juga membedah alat kerja dan IKP terakhir yang telah diluncurkan pada tahun 2022 yang lalu. Selain itu, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mendalam mengenai teknis dan mekanisme pemetaan kerawanan pemilihan serentak 2024.

#

 

Tim Humas Bawaslu Kabupaten Lebong