Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Go To School, Sabdi Gandeng Pemilih Milenial Awasi Pemilu

Bawaslu Go To School, Sabdi Gandeng Pemilih Milenial Awasi Pemilu

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Menjelang 569 hari pemungutan suara pada Pemilu Tahun 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Lebong mulai bergerilya ke sekolah-sekolah tingkat menengah atas yang ada di wilayah kerjanya melalui program Bawaslu Go To School dalam rangka sosialisasi dan memberikan edukasi kepada pemilih pemula atau pemilih milenial untuk aktif dalam mengawasi proses Pemilu dan Pemilihan  serentak 2024. Upacara perdana tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kabupaten Lebong, Senin (25/7/2022), dan bertindak sebagai pembina upacara mewakili Bawaslu Kabupaten Lebong adalah Sabdi Destian, S.Sos (Anggota).

Dalam amanatnya sebagai pembina upacara Sabdi menyampaikan bahwa Pemilu 2024 mendatang akan menjadi momentum perubahan untuk Indonesia, “Tahun 2024 akan menjadi momentum perubahan untuk Indonesia karena di tahun kedaulatan rakyat tersebut masyarakat Indonesia akan memilih jajaran pejabat Negara yang akan menjadi pemimpin bangsa menuju masa depan yang lebih baik melalui Pemilu serentak,” ucap Sabdi.

Koordiv.HP3S Bawaslu Kabupaten Lebong tersebut menambahkan, “Ada hal baru yang akan terjadi di pemilu 2024 mendatang yaitu adanya Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di tahun yang sama secara serentak di Indonesia, dimana pemilih akan langsung memilih anggota legislatif dan Presiden/Wakil Presiden di saat yang bersamaan pada tanggal 14 Februari 2024 Sedangkan pada 27 November 2024, masyarakat Indonesia akan kembali menggelar pesta demokrasi dengan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati dalam waktu yang bersamaan,” kata dia.

Berdasarkan data kependudukan di Kabupaten Lebong, jumlah penduduk yang saat ini berusia 15-19 tahun berkisar + 9.000 jiwa, atau sekitar 8,25% jumlah penduduk pada tahun 2022 ini dan sekitar 11,95% jumlah pemilih di Kabupaten Lebong pada pemilihan terakhir tahun 2020 dimana jumlah pemilih tetap yang terdaftar adalah 75.280 pemilih. “Para pemilih pemula sebagai generasi muda yang memiliki hak pilih untuk pertama kalinya atau yang lebih familiar disebut pemilih milenial diharapkan untuk menggunakan hak pilih di pesta demokrasi terbesar di Indonesia nanti, karena suara kalian sangat menentukan masa depan bangsa ini. Dengan jumlah yang besar ini, para pemilih muda ini akhirnya memegang peran penting, penentu kemenangan para pemimpin bangsa, apalagi jika dikelola dengan baik. Makanya, diharapkan untuk tidak golput,” papar Koordiv.HP3S tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong yang dikenal memiliki jiwa milenial itu menyampaikan beberapa tips menjadi pemilih cerdas, “Para pemilih muda bisa menjadi pemilih cerdas yang rasional, yang bisa mencari tahu, membaca dan memahami visi misi serta program kerja para kontestan/kandidat,” ungkapnya di hadapan 400-an murid SMAN 5 Lebong.

Selain itu, Bawaslu sebagai salah satu penyelenggara Pemilu juga melakukan beberapa upaya lain untuk mencerdaskan pemilih, terutama pemilih muda/pemilih milenial. Salah satunya adalah dengan memviralkan tagline dan hashtag, diantaranya “#AyoAwasiBersama” untuk mengajak pemilih juga berpartisipasi mengawasi proses penyelenggaraan Pemilu 2024 dan berpartisipasi memberikan suara dalam pemilu. Kemudian ada #AntiHoaks, #AntiSara, #AntiPolitikUang untuk mengajak masyarakat ikut mengawal proses kampanye yang dilakukan peserta pemilu, agar konten kampanye mereka lebih mencerdaskan dan juga mempersatukan bangsa bukan malah memecah belah persatuan bangsa.

“Kedaulatan pemilih menjadi poin utama dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik. Pemilih yang cerdas akan memilih pemimpin-pemimpin yang berkualitas juga sinergi antara pemimpin dan pemilih yang berkualitas tersebut akan berkontribusi positif baik kehidupan bernegara yang baik, adil dan sejahtera,” tegas Sabdi.

 

Dalam kesempatan yang khidmat tersebut Sabdi menyampaikan harapan untuk para milenial yakni siswa-siswi SMA N 5 Lebong menjadi agen perubahan untuk demokrasi bangsa yang lebih baik lagi di waktu mendatang, “Tentu harapan kami pemilih pemula ini juga bisa menjadi agen untuk bisa membawa perubahan. Karena sebagai kelompok milenial, pelajar dan mahasiswa yang masih memiliki idealisme yang tinggi dan bisa menyuarakan tentang bagaimana berpolitik yang bersih, berpolitik yang tanpa money politik, bagaimana kampanye yang tanpa hoax, tanpa ujaran kebencian. Jadi ini ada di pundak generasi milenial sebagai pemilih pemula ini,” harapnya.

Menutup amanatnya, Sabdi tak lupa mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negera (ASN) di SMA N 5 Lebong untuk tetap menjaga netralitas pada Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang, “Terakhir saya ingin mengingatkan kembali kepada Aparatur Sipil Negera (ASN) di SMA N 5 Lebong untuk tetap menjaga netralitasnya selama tahapan penyelenggaran Pemilu dan Pemilihan 2024 sebagaimana telah diatur di dalam UU 5 tahun 2014 maupun yang diatur di peraturan pemerintah dan turunannya agar kualitas demokrasi kita berjalan sesuai dengan aturan,” tutup Sabdi.

Di momentum tersebut Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Lebong seusai Upacara Bendera menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bawaslu Kabupaten Lebong yang telah mengagendakan kegiatan Bawaslu go to school dan bersedia menjadi Pembina Upacara Bendera di SMA N 5 Lebong, “Kami (SMA N 5 Lebong) menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bawaslu Kabupaten Lebong dalam hal ini di hadiri oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong untuk menjadi Pembina upacara pada hari ini,” Ucap Kepsek yang akrab dipanggil Yayan tersebut.

“Pendidikan politik seperti yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Lebong ini sangat penting dilakukan dalam rangka mewujudkan demokrasi yang berkualitas di negara yang menganut sistem Pemilu dalam menentukan pemimpinnya ini, kedepannya kami harap kegiatan seperti bisa terus dilaksanakan agar para pemilih pemula (para milenial) khususnya siswa-siswi kami di SMA N 5 Lebong ini mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi terkait kepemiluan agar terciptanya agen-agen perubahan demokrasi yang lahir dari sekolah ini,” pungkas Yayan.

Dalam upaya meningkatkan pengawasan partisipatif Bawaslu Kabupaten Lebong telah melakukan kegiatan Bawaslu Lebong go to school, untuk itu Sahabat Bawaslu sebagai upaya untuk menciptakan pemilih cerdas, Bawaslu Kabupaten Lebong akan menggendakan kegiatan yang sama di Sekolah-Sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Lebong. Nah Sahabat Bawaslu Kabupaten Lebong khusunya para pemilih milenial (pemilih pemula) untuk menambah pengetahuan dan informasi jangan lupa mampir di media sosial Bawaslu Kabupaten Lebong ya… ada facebook, instagram, twitter, tiktok, youtube dan website Bawaslu Kabupaten Lebong. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis & Dokumentasi: Andi Tri Atmaja

Editor : Sabdi Destian

Tag
Berita
Pengawasan