Lompat ke isi utama

Berita

Banyak Agenda Kegiatan, Sabdi Tegaskan Kualitas Hasil Pengawasan Tidak Boleh Menurun

Banyak Agenda Kegiatan, Sabdi Tegaskan Kualitas Hasil Pengawasan Tidak Boleh Menurun

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong - Walaupun agenda kegiatan yang akan dihadapi kedepan mulai banyak dan saling beririsan, Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong, Sabdi Destian menegaskan kepada jajarannya untuk memastikan hasil pengawasan tahapan verifikasi administrasi dan faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024 tidak boleh menurun. Hal itu diserukannya saat menjadi pembina apel penghormatan bendera minggu kedua di halaman Sekretariat Bawaslu Kab. Lebong, Senin pagi (10/10/2022). "Minggu kedua Bulan Oktober ini akan banyak agenda yang harus kita selesaikan, mulai dari perekrutan Panwascam, pengawasan tahapan verifikasi administrasi perbaikan hingga verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu mendatang, menghadiri undangan rakor dan juga agenda rutin lainnya. Walaupun demikian menjaga kualitas hasil pengawasan harus kita kedepankan agar tidak menurun dari kualitas hasil pengawasan sebelumnya," tegas Sabdi.

Lebih lanjut, kata dia " Pengawasan sebagai salah satu tugas utama kita yang saat ini lebih mengedepankan pada pencegahan penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses, harus mendapat perhatian khusus, agar proses pengawasan berjalan maksimal," imbuhnya. Kemudian Sabdi juga meminta jajarannya untuk mempelajari kembali regulasi terkait pengawasan tahapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol mendatang. "Terkait dengan regulasi tentang verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol harus kita samakan pemahaman kita, karena regulasi yang sudah beberapa kali diubah, baik dari jadwal hingga prosedur pelaksanaannya. Jangan sampai saat melakukan pengawasan kita tidak update aturan yang berlaku," tambah Koordiv. Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa tersebut. Mengakhiri amanatnya Sabdi menyampaikan harapannya, "Saya harap menjaga kualitas hasil pengawasan ini dengan tidak mengesampingkan salah satu tugas pokok Bawaslu Kab/Kota yakni membentuk Panwaslu Kecamatan yang juga sedang dalam proses pemeriksaan administrasi, pengumuman hasil administrasi hingga pelaksanaan tes tertulis yang semuanya kita laksanakan pada pekan ini," harapnya. Sebagai informasi, kegiatan apel rutin tersebut diikuti oleh Ketua, Koordinator Sekretariat dan seluruh jajaran staf Bawaslu Kab. Lebong serta para siswi magang dari SMKS 6 Muhammadiyah Lebong.

Perlu juga Sahabat Bawaslu ketahui, bahwa pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024 yang domainnya ada di tingkat KPU Kabupaten/Kota akan dimulai pada tanggal 15 Oktober 2022 hingga 4 November 2022 mendatang. Untuk itu diharapkan peran Sahabat Bawaslu sekalian untuk sama-sama mengawasi tahapan tersebut agar kualitas hasil pengawasan semakin maksimal dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. #AyoAwasiBersama.

Penulis : Alfian Saputra Editor : Sabdi Destian Potografer : Ario Tantomo

Tag
Berita