Lompat ke isi utama

Berita

Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak 2024, Jefri: Bawaslu Benteng Demokrasi yang Elegan

Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak 2024, Jefri: Bawaslu Benteng Demokrasi yang Elegan

LEBONG, Bawaslu Kabupaten Lebong - Jefriyanto, S.P. selaku Ketua menyampaikan bahwa Bawaslu harus menjadi benteng demokrasi yang elegan dalam mengawasi setiap tahapan dalam proses penyelenggaran Pemilu serentak tahun 2024. Hal ini diucapkannya saat menjadi Pembina Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 di halaman Sekretariat Bawaslu Kab. Lebong, Selasa (14/06/2022).

Dalam arahannya, Jefri menegaskan setidaknya ada 4 poin utama dalam membangun benteng demokrasi yang elegan yang harus dimiliki oleh pengawas Pemilu baik secara pribadi maupun lembaga.

"Poin pertama yang penting dimiliki adalah integritas yang tinggi dalam menjalankan tugas-tugas selaku pengawas pemilu. Kita sebagai pengawas pemilu jangan mudah diintervensi oleh pihak manapun, pengawas harus tegak lurus serta jangan mudah tergoda oleh imbalan apapun" tegas Jefri.

Poin kedua yang disampaikan oleh Alumni Universitas Bengkulu ini adalah selalu meningkatkan kesiapsiagaan. "Selama ini kita sudah terbiasa siap siaga dalam menjalan tugas-tugas kita, saya berharap untuk tetap berkoordinasi, saling tukar informasi dan pikiran sehingga proses pengawasan Pemilu serentak Tahun 2024 dapat berjalan baik” tambahnya.

Selanjutnya beliau meminta jajarannya untuk bekerja secara humanis, "Saya meminta dalam melakukan tugas-tugas kita, baik pencegahan, pengawasan maupun penindakan sebagaimana diamanatkan dalam UU 7 tahun 2017 secara humanis, menjadi pelayan yang baik, ramah, melakukan pendekatan dan harus mampu berbaur dengan masyarakat dalam berkolaborasi melakukan pengawasan” pintanya dengan wajah penuh semangat.

Terakhir beliau mengajak untuk terus menjaga soliditas yang selama ini sudah terbangun, “Insya Allah jika niat kita dari awal sudah benar dan lurus untuk mengawasi semua tahapan, sudah pasti hasil Pemilu akan baik. Allah firman dalam Q.S. As-Saff Ayat 4 : “sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti satu bengunan yang tersusun kokoh” demikian pungkasnya.

Sebagai informasi,  Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak 2024 ini dilaksanakan atas instruksi dari Bawaslu RI sebagai bentuk kesiapan jajaran Bawaslu se-Indonesia jelang 20 (dua puluh) bulan hari pemungutan suara tepatnya tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Kegiatan ini juga diikuti oleh Anggota, Koordinator Sekretariat berserta seluruh staf Bawaslu Kabupaten Lebong.

Penulis: Ker

Editor: Sabdi Destian

Dokumentasi: Alfian Saputra

Tag
Berita
Pengawasan