Lompat ke isi utama

Berita

Apel Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024

Apel Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024

Lebong, Bawaslu Kabupaten Lebong - Satu tahun menjelang hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024, Bawaslu Kabupaten Lebong semakin mematangkan langkah-langkah dalam mengoptimalkan pengawasan Pemilu dari berbagai aspek. Berbagai aspek yang dilakukan Bawaslu merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga kualitas demokrasi melalui Pemilu dapat berjalan dengan luber dan jurdil sebagaimana telah diamanahkan Undang-Undang sebagai lembaga The Guardian of Democracy, oleh karena itu Bawaslu Kabupaten Lebong gelar Apel Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024 serta Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas” yang dihadiri Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong dan seluruh jajarannya serta nggota Panwaslu Kecamatan dan jajaranya se-Kabupaten Lebong, Selasa (14/2/2023).

Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong yang menjadi pembina apel Pengawasan tersebut Melky Agustian, S.H., menjelaskan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan sebagai simbol kesiapan Pengawas Pemilu menuju satu tahun tahapan pemungutan suara pemilu 2024, penguatan dan sinergitas dengan stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat serta aspek pencegahan dan pengawasan partisipatif untuk menciptakan pemilu yang damai dan berintegritas “Saya harap seluruh jajaran pengawas pemilu dapat berpartisipasi dalam mengawasi seluruh tahapan yang ada oleh sebab itu dalam apel siaga pengawasan ini Bawaslu juga mengundang seluruh elemen masyarakat yg diwakili oleh organisasi. Selain Apel siaga, Bawaslu juga akan melaunching komunitas digital jarimu awasi pemilu dan posko kawal hak pilih”, jelasnya.

Kemudian setelah pelaksanaan apel tersebut dilanjutkan denganrRangkaian kegiatan launching komunitas digital pengawasan partisipatif “Jarimu Awasi Pemilu” sekaligus launching posko kawal hak pilih yag juga diikuti oleh seluruh peserta.

"Selain menangkal hoax jarimu awasi pemilu juga dalam upaya pencegahan dalam proses pelanggaran dan sengketa pemilu. Masyarakat maupun perorangan pun dapat mendaftar dan mengakses jarimu awasi pemilu sehingga masyarakat dapat meningkatkan literasi kepemiluan dan edukasi kepemiluan dimana semua terdapat dalam jarimu awasi pemilu”. Jelas Koordiv. Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kabupaten Lebong.

Diakhir kegiatan apel tersebut Melky Agustian, S.H., menyampaikan "Dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024 mendatang, Bawaslu beserta Panwascam harus siap dan semangat mengawal setiap tahapan pemilu agar tercipta pemilu langsung, umum, bebar, rahasia, jujur dan adil," Pungkasnya.

Penulis: Angger Saputra

Tag
Berita
Edukasi Pemilu
Pengawasan