Lompat ke isi utama

Berita

Akhir Tahun 2022, Sabdi : Momentum Introspeksi Diri dan Evaluasi Kinerja

Akhir Tahun 2022, Sabdi : Momentum Introspeksi Diri dan Evaluasi Kinerja

[caption id="attachment_7953" align="aligncenter" width="678"] Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong saat memberikan arahan, saat menjadi Pembina Apel[/caption]

Lebong, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong – Akhir Tahun merupakan momentum yang tepat untuk introspeksi diri dan melakukan evaluasi kinerja suatu lembaga pemerintahan. Tolak ukur kinerja yang baik itu salah satunya adalah adanya rencana kerja jangka pendek dan jangka panjang serta melakukan evaluasi di setiap rencana yang telah dilakukan. Hal ini ditegaskan oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong, Sabdi Destian, S.Sos., dalam amanatnya saat menjadi pembina apel penghormatan bendera di halaman Sekretariat Bawaslu Kab. Lebong, Senin (26/12/2022).

Di minggu terakhir Tahun 2022 Bawaslu Kabupaten Lebong tetap menggelar apel penghormatan bendera rutin setiap Senin, Sabdi Destian (Koordiv. Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa) berpesan, “Dengan berakhirnya Tahun 2022, mari sama-sama kita mengevaluasi kinerja kita masing-masing, baik secara divisi maupun secara kelembagaan, agar kita dapat melakukan pembenahan di tahun mendatang,” ucapnya.

“Evaluasi sangat penting dalam melakukan pekerjaan agar kinerja dapat terukur dengan baik. Itulah guna adanya renja (rencana kerja), untuk menjadi rumus atau tolak ukur dalam melakukan evaluasi, mana kinerja yang sudah tercapai mana yang belum tercapai,” tambahnya.

Selain evaluasi kerja dari Renja yang ada telah disusun pada setiap awal tahun, perlu juga adanya peningkatan kapasitas SDM, Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong yang akrab dipanggil Sabdi itu meminta para staf untuk terus meningkatkan kapasitas diri masing-masing secara mandiri, “Selain evaluasi kerja saya berharap para staf juga melakukan peningkatan kapasitas diri dengan meningkatkan minat baca individu masing-masing, karena kapasitas diri itu tidak bisa diwariskan, para pimpinan Bawaslu hanya bisa memberikan fasilitas dan memotivasi saja,” harapnya.

Diakhir amanatnya, Sabdi  berharap para jajaranya tetap menjaga soliditas, “Dalam menghadapi Pemilu serentak Tahun 2024 sudah tentu tahapan semakin padat dan kita disibukkan dengan kerja masing-masing, maka dari itu pentingnya tetap ada soliditas kita sebagai Bawaslu Kabupaten Lebong, tidak ada lagi berbicara masalah divisi ini dan itu, tetapi kita sebagai lembaga Bawaslu Kabupaten Lebong,” jelas  Sabdi.

“Soliditas dalam bekerja adalah untuk membangun rasa saling menghargai dan menciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman. Dengan adanya soliditas, tujuan bersama akan dapat tercapai dengan baik,” pungkasnya.

Penulis/Dokumentasi: Angger Saputra

Editor: Sabdi Destian

Tag
Berita