Lompat ke isi utama

Berita

Silaturahmi Nasional Menakar Evektifitas Peroses Penyelesaian Sengketa Pemilihan di Tengah Wabah Covid-19

Lebong – Bawaslu Kabupaten Lebong, Ketua Jefriyanto, SP dan Sabdi Destian, S.Sos Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong mengkuti Silaturahmi Nasional Menakar Efektifitas Proses Penyelesaian Sengketa Pemilihan di tengah Wabah Covid-19 untuk Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia melalui daring, Kamis, 04/06/2020.

Kegiatan tersebut diikuti oleh semua jajaran Bawaslu seluruh Indonesia, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi, Kabupaten/Kota khususnya Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Se-Indonesia dengan narasumber Anggota Bawaslu Republik Indonesia Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Rahmat Bagja, S.H., LLM. dan Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Hukum Univeristas Al Azhar Indoensia Dr. Suparji, S.H., M.H.

Rahmat Bagja mengatakan “Kita sudah berkomitmen ketika Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang mengundangkan Pemilihan dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2020, Bawaslu harus siap mengawasi tahapan yang ada.’’ Bagaimana cara melakukan penyelesaian sengketa secara efektif dan efisien agar dapat dilihat dari beberapa aspek, yakni bagaimana permohonan penyelesaian sengketa dapat dilakukan, bagaimana dengan pembacaan permohonan pemohon dan jawaban termohon. Itu semua dapat dilakukan melalui metode daring. Untuk pengajuan permohonan penyelesaian sengketa dapat dilakukan secara online melalui SIPS (Sitem Informasi Penyelesaian Sengketa). Sedangkan bagaimana dengan pembuktian, apakah bisa dilakukan dengan video conference hal ini masih sedang dibahas. Kemungkinan besar nantinya pembuktian akan dilakukan dengan cara pengunjungnya terbatas, pemohon dan termohon akan dibatasi dan kehadiran orang dalam sidang akan dibatasi. Kemungkinan persidangan daring dalam pembuktian akan sulit dilakukan. Putusan pun dapat dilakukan melalui video conference, namun dilakukan dengan protokol-protokol pencegahan penyebaran covid-19 seperti penggunaan masker, physical distancing, penyedian hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh dan lainnya.

published by Humas Bawaslu Lebong
Tag
Berita