Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Lebong Siapkan Strategi Pengawasan

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Lebong Siapkan Strategi Pengawasan

LEBONG – Bawaslu Kabupaten Lebong menggelar apel bendera yang diikuti oleh Ketua dan Anggota, Koorsek beserta seluruh staf Bawaslu Kabupaten Lebong, kegiatan apel bendera pada senin tanggal 07 Februari 2022 di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Lebong. Bertindak sebagai Pembina apel yaitu Sabdi Destian, S.Sos (Anggota). Dalam arahannya, Sabdi menegaskan dalam menyongsong Pemilu 2024 Bawaslu Kabupaten Lebong harus mempersiapkan strategi pengawasan agar proses pengawasan dapat berjalan optimal.

Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Penyusunan Program dan Strategi Pengawasan Bawaslu RI dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum RI terkait dengan Jadwal Pemilu Serentak tahun 2024, bahwa Pemilu serentak ditetapkan pada 14 Februari 2024, untuk itu perlu persiapan pengawasan yang akan dihadapi pada tahun 2022 ini, yang pertama yaitu pengawasan penyusunan Daftar Pemilih 2024 yang dimulai dengan memastikan proses pelaksanaan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan berjalan maksimal. Yang kedua, terkait dengan pengawasan pendaftaran partai politik yang dimulai dengan memastikan sistem informasi yang dikembangkan oleh KPU berjalan optimal serta sosialisasi dan asistensi terhadap Partai Politik di tingkat Kabupaten berjalan sejak awal. Yang ketiga, pengawasan terhadap rekruitmen penyelenggara Pemilu adhoc tahun 2022 dengan memastikan penyelenggara pemilu yang memiliki kemampuan dan keterampilan serta memiliki independensi dan integritas yang tinggi.

Terakhir, Sabdi mengajak seluruh jajarannya agar memperketat dan menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron, selain itu juga menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan dengan gerakan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur) karena sudah banyak kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) di wilayah Kabupaten Lebong, hal ini diharapkan dapat meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan sehinga dapat melakukan proses pengawasan Pemilu dengan maksimal. (NA)

Tag
Berita
Uncategorized