Lompat ke isi utama

Berita

Tahapan Coklit; Bawaslu Lebong Gelar Rakor Dengan Panwaslu Kecamatan

#

Lebongkab.bawaslu.go.id – Bawaslu Kabupaten Lebong dalam rangka mengoptimalkan pengawasan tahapan pemutakhiran data Pemilihan serentak tahun 2024, mengajak jajaran Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Lebong untuk melakukan Rapat Pembahasan Alat Kerja Pengawasan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang bertempat di Media Center (22/06/2024).

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong Khairul Habibi, menyampaikan bahwa pengawasan yang dilakukan berbasis alat kerja pengawasan pencocokan penelitian (Coklit) sehingga memudahkan dalam memetakan kerawanan-kerawanan pemutakhiran data pemilih yang sering terjadi di wilayah kecamatan dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Dalam persiapan pelaksanaan Coklit, harapannya pada rapat ini, panwascam dapat memahami dan mendiskusikan alat kerja secara matang, agar selanjutnya dapat difollowup kepada PKD di wilayah kecamatan masing-masing” tuturnya Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong.

Dalam kesempatan yang sama Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Renaldo Saputro juga mengatakan “Apabila tedapat penyampaian terkait permintaan data kepada penyelenggara teknis agar disertakan dengan surat dan ketika terdapat kesulitan dalam permintaan data di tingkat PKD agar dtuangkan dalam form A,” paparnya.

Diakhir penyampaiannya Renaldo Saputro juga berpesan agar Panwascam lebih teliti lagi dalam melakukan pengawasan coklit dengan memastikan dengan memastikan warga masyarakat terdaftar sebagai pemilih sesuai peraturan yang berlaku.

“Salah satu Prasyarat pemilihan yang demokratis adalah memastikan warga masyarakat terdaftar sebagai pemilih sesuai peraturan. Ayo kita awasi bersama tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih”, jelasnya.

Kegiatan Rapat Pembahasan Alat Kerja Pengawasan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dan Pembentukan Pantarlih membahas terkait dengan teknis alat kerja beserta dengan cara pengisian secara rinci, selain itu dalam sesi diskusi, Panwascam membahas mengenai kendala dan penyelesaian permasalahan dalam teknis pengawasan coklit di lapangan.

 

  • Penulis: Angger Saputra
  • Editor: Renaldo Saputro