Lompat ke isi utama

Berita

SIMULASI, Totok Harioyono; Berharap ada Peningkatan kompetensi Anggota Bawaslu Daerah

#

Lebongkab.bawaslu.go.id - Bawaslu Kabupaten Lebong menghadiri undangan bawaslu RI pada kegiatan Rakernis Penyelesaian Sengketa Pemilihan Pada Pilkada Tahun 2024 yang diselenggarakan di Aston hotel & Convention Bali, Senin-Rabu tanggal 15-17 Juli 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Dahlian beserta dua orang Staf Penyelesaian Sengketa.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Penyelesaian sengketa Harimurti wicaksono, dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa kita (Bawaslu) harus memahami bahwa proses penyelesain sengketa antara Pemilu dan Pemilihan berbeda, oleh sebab itu kita memberikan ruang dalam kegiatan ini untuk menyamakan persepsi terkait penerimaan permohonan sengketa, Lebih Lanjut, kepala biro meminta kepada sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota untuk sering berkoordinasi kepada korwil yang sudah kami bagi sehingga jenjang koordinasinya berjalan dengan lancar.

#

Selanjutnya Anggota Bawaslu Totok Hariyono meyakini pengawas pemilu dapat meningkatkan kompetensi dan pemahaman terkait penerimaan permohonan dan registrasi penyelesaian sengketa proses. Hal ini penting mengingat tahapan Pemilihan 2024 telah berjalan.

“Simulasi (penyelesaian sengketa) ini dilakukan supaya teman-teman di divisi penyelesaian sengketa dengan cepat menyerap dan memahami alur proses permohonan penyelesaian sengketa dari hulu hingga hilir. Ini menjadi penting karena gelaran pemilihan kepala daerah 2024 sudah di depan mata”, ungkap Totok

Simulasi ini, kata Totok, salah satunya soal putusan, dan materi pokok putusan. Dia meminta forum ini dijadikan ajang belajar sungguh-sungguh untuk memanfaatkan pengetahuan dan kompetensi soal penyelesaian sengketa

Rakernis ini melibatkan delapan Bawaslu provinsi berikut Bawaslu kabupaten/kota di dalamnya sebagai peserta. Antara lain Bawaslu se-provinsi Bengkulu, se-provinsi Banten, se-provinsi Jambi, se-provinsi DKI Jakarta, se-provinsi D. I Yogyakarta, se-provinsi Jawa Barat, se-provinsi Kalimantan Barat, dan se-provinsi Kalimantan Timur.