Lompat ke isi utama

Berita

Pendaftar Peserta Existing Panwascam Baru 34 Orang

Data-2024

Grafik Pendaftar Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada 2024 dari Peserta Existing

lebongkab.bawaslu.go.id – Bawaslu Kabupaten Lebong berdasarkan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor : 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Tahun 2024. Pada pedoman tersebut menyebutkan bahwa Pelaksanaan evaluasi kinerja bagi peserta Existing dilaksanakan dengan ketentuan menggunakan sistem online dan dalam hal terdapat kendala  jaringan, pokja dapat menyelenggarakan evaluasi kinerja dengan menggunakan sistem offline dengan terlebih dahulu menyampaikan adanya kendala jaringan kepada Bawaslu melalui Bawaslu Provinsi.

Untuk saat Bawaslu Kabupaten Lebong sudah menerima 34 orang pendaftar dari peserta existing dari 12 kecamatan yang ada di Kabupten Lebong. Jum’at, 26 April 2024.

Diketahui, pendaftaran jalur existing Panwaslu Pilkada 2024 tersebut dibuka khusus untuk 36 Panwascam Pemilu 2024 yang saat ini masih menjabat.

“Mereka yang istilahnya melakukan pendaftaran ulang ini akan mengikuti tes evaluasi atas kinerja mereka selama pelaksanaan Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Bawaslu Lebong. Jika dari evaluasi yang dilakukan oleh Bawaslu RI ini nantinya mereka masih dinyatakan memenuhi syarat, maka mereka akan kembali menjalankan tugas sebagai Panwascam pada Pilkada 2024," terang Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong

Lanjut, Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong Khairul Habibi, SP menjelaskan perekrutan Panwascam Pemilu 2024 sudah disosialisasikan.

Baik itu lewat papan pengumuman yang ada di kantor Bawaslu maupun lewat media sosial Bawaslu Lebong.

Panwaslu Pilkada 2024 yang dibutuhkan masih sama pada pelaksanaan Pemilu 2024 lalu, yaitu sebanyak 36 Panwascam. 

"Masing-masing kecamatan akan disisi oleh 3 orang Panwascam dan di Kabupaten Lebong ada 12 kecamatan artinya kebutuhan Paswacam Pilkada 2024 yaitu sebanyak 36 orang," singkatnya Habibi.

  • Penulis: Angger Saputra
  • Sumber Data: Oma Tresatrio