Lompat ke isi utama

Berita

Coklit; Kh. Habibi Minta Panwaslu Kecamatan Buka Posko Kawal Hak Pilih

Khairul Habibi

 

Lebongkab.bawaslu.go.id - Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong Khairul Habibi perintahkan seluruh Panwaslu Kecamatan Buka Posko Kawal Hak Pilih di sekretariatnya masing-masing “Posko pengaduan ini merupakan bentuk pengawasan Bawaslu dalam pemutakhiran data pemilih dan  penyusunan daftar pemilih “jelasnya saat jadi Pembina Apel. Rabu (26/06/2024).

Dalam rangka upaya Pencegahan pada Tahapan Pencoklitan dan penyusunan data pilih untuk Pemilihan kepala daerah tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Lebong gelar Apel Launching Posko Kawal Hak Pilih.

Peluncuran Posko Kawal Hak Pilih tersebar di setiap kecamatan se-Kab. Lebong. Kehadiran posko kawal hak pilih ini untuk mendorong agar pemutakhiran data pemilih dan  penyusunan daftar pemilih yang akurat  dan valid.

Adapun Amanat yang disampaikan oleh ketua Bawaslu Kabupaten Lebong yaitu “Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya, selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong menyampaikan beberapa hal penting terkait tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam menyukseskan Pilkada di Tahun 2024 ini,” jelasnya.

Pertama : “kita selaku pengawas pemilu memastikan Coklit  dilaksanakan oleh pantarlih sesuai prosedur  dan memastikan data pemilih yang akan digunakan dalam Pilkada adalah data yang akurat dan valid. Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugas pengawasan ini, dibutuhkan komitmen, kejujuran, dan integritas yang tinggi”, tambah Khairul Habibi

“Kedua, saya mengingatkan bahwa pengawasan  pemutakhiran data pemilih harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesionalisme. Rekan-rekan Panwaslu Kecamaan dan Pengawas desa/kelurahan (PKD) untuk turun langsung ke lapangan,mengawasi pantarlih dan PPS mendata setiap pemilih dengan cermat, serta memastikan bahwa tidak ada warga yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar sebagai pemilih. Ingatlah bahwa keberhasilan pemutakhiran data pemilih ini sangat menentukan suksesnya pelaksanaan Pilkada secara keseluruhan”, papar ketua Bawaslu Kabupaten Lebong.

Selanjutnya “Ketiga, dalam melaksanakan tugas tugas pengawasan rekan rekan sekalian harus selalu menjunjung tinggi prinsip netralitas dan independensi. Jangan sampai ada kepentingan pribadi atau kelompok yang mempengaruhi kinerja rekan-rekan sekalian. Kita semua harus bekerja untuk kepentingan bangsa dan negara, memastikan bahwa setiap warga negara yang memenuhi syarat memiliki hak untuk memilih dan suaranya dihitung secara adil”, pintanya.

Keempat : “Agar Panwaslu Kecamatan membuka Posko Kawal Hak Pilih dan, melakukakan Patroli Pengawasan kawal hak pilih sampai dengan tanggal 27 November 2023. Akhir kata, saya berharap agar semua rekan-rekan Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Desa/Kelurahan (PKD) bekerja sama dengan baik, menjalin koordinasi yang efektif dengan PPS, PPK, serta instansi terkait lainnya. Mari kita bersama-sama menyukseskan Pilkada ini dengan bekerja keras, jujur, dan penuh rasa tanggung jawab”, pungkasnya.

Informasi: Apel launching posko kawal hak pilih di hadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Khairu Habibi dan Renaldo Saputro, serta Kasubbag HPPS Puji Waro dan seluruh staf sekretariat Bawaslu Kab. Lebong.

 

  • Penulis: Angger Saputra
  • Editor: Renaldo Saputro