Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Lebong Ikuti Evaluasi Kehumasan Pemilu 2024

Angger

Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Renaldo Saputro dan Staf Angger Saputra

Bawaslu Lebong Ikuti Evaluasi Kehumasan Pemilu 2024

Lebongkab.bawaslu.go.id - Dalam rangka evaluasi Kehumasan Bawaslu dan Bawaslu Kabupaten Lebong selama penyelenggaraan pemilihan umum dan persiapan kehumasan pada tahapan pemilihan serentak tahun 2024, perlu dilakukan evaluasi komperhensif terhadap tugas, fungsi dan program kerja kehumasan Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota. Giat ini berlangsung pada Minggu s.d Selasa, (30/06) s.d (02/07) di Golden Boutique Hotel Kemayoran, Jakarta.

Humas Bawaslu RI mengadakan kegiatan rapat evaluasi nasional kehumasan Bawaslu Dalam Penyelenggaraan Pemilu Dan Persiapan Kehumasan Pada Pemilihan  Serentak Tahun 2024. Giat ini diikuti oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Renaldo Saputro dan staf Humas Angger Saputra dan Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Faham Syah, Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Asmara Wijaya, Kepala Bagian Pengawasan dan Humas Apriyanto Kurniawan serta staf.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu RI sekaligus Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Lolly Suhenty. Dalam arahannya, Lolly menekankan tugas kehumasan tidak boleh dilepaskan dalam fungsi kelembagaan Bawaslu.

“Humas bertugas mengelola dan mengeluarkan informasi resmi yang ada di lembaga Bawaslu kita. Selain itu, Humas juga mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya penyimpangan Pemilu. Dalam hal ini Humas menjadi indikator penilaian kinerja dan kerja Humas harus ditingkatkan untuk lebih meningkatkan dan memainkan peran Humas sebagai garda terdepan maka diperlukan akselerasi kerja-kerja kehumasan yang kreatif dan inovatif”, tuturnya.

Lolly juga mengibaratkan tugas humas dan hubal seperti Sniper dan Shotgun yang harus tepat sasaran dalam menjalankan fungsi kehumasan.

“Bagi lembaga Bawaslu, peran Humas dibaratkan sebagai sniper, sedangkan Hubal adalah shotgun, sehingga kita jangan sampai salah sasaran. Kita berharap kinerja Humas Bawaslu lebih baik dan kelihatan bekerja dimata masyarakat, inilah penting peran Humas untuk terus update informasi maupun progress kegiatan.” pungkasnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan pemaparan dari narasumber ahli. Adapun narasumber dalam kegiatan ini :

1. Asmono Wikan (CEO PR Indonesia)

2. Dr.Nurhayati Solapari, SH., MH ( Anggota Provinsi Banten 2017-2022)

3. Galuh Shinta W. Lesaksono (Indonesia Indicator)

4. Achmad Satryo (Ketua koalisasi pewarta pemilu & Demokrasi Pemilu (KPPD)).

Sebagai informasi pada rapat evaluasi kehumasan Bawaslu dalam Penyelenggaraan Pemilu Dan Persiapan Kehumasan Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024, diikuti oleh Ketua Bawaslu Provinsi, Koordinator Divisi Pencegahan Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Kabag Pengawasan Dan Humas beserta staf Humas Bawaslu Provinsi, Koordinator divisi HPPH dan Staf Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia.

  • Penulis: Angger Saputra
  • Editor: Renaldo Saputro